alexametrics

Asyiknya Belajar Bahasa Inggris dengan Lagu

Oleh : Wiwik Ismiyatun, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Bahasa merupakan sebuah alat dalam komuikasi. Dengan bahasa kita dapat menyatakan pendapat, maksud, dan tujuan. Selain itu, melalui bahasa kita juga dapat menyampaikan informasi, pikiran, dan perasaan kita kepada orang lain. Menurut Gorys Keraf (2004 : 1), bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan oleh anggota masyarakat baik berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Masing-masing negara memiliki bahasa yang mencerminkan negara tersebut. Tetapi jika orang-orang dari berbagai negara bertemu dan berkumpul menjadi satu pada suatu kesempatan, mereka tidak mungkin berkomunikasi menggunakan bahasa dari negaranya masing-masing, melainkan akan menggunakan bahasa internasioal yaitu bahasa Inggris.

Kemampuan berbahasa Inggris merupakan keharusan di era globalisasi. Karena pentingnya bahasa Inggris tersebut, maka mata pelajaran bahasa Inggris dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Para siswa di Indonesia diharapkan untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Sedangkan untuk memperoleh kemampuan yang baik dalam berbahasa Inggris tidaklah mudah. Guru selalu mengenalkan kosakata – kosakata baru dalam pembelajaran. Namun untuk mengingat kosakata yang telah dipelajari untuk dipergunakan lagi pada pembelajaran berikutnya tidak selalu mudah dilakukan. Siswa dengan sangat cepat melupakan kosakata – kosakata baru yang telah mereka pelajari sebelumnya. Sebagian besar, siswa merasa kesulitan mempelajari bahasa Inggris karena banyaknya kosakata yang harus dihafalkan.

Baca juga:  Aplikasi Tik Tok sebagai Media Praktek Tari pada Siswa-Siswi Kelas VIII

Dengan demikian, guru harus mampu memilih metode mengajar yang efektif agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan siswa lebih mudah memahaminya. Penggunaan lagu berbahasa Inggris merupakan salah satu media pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Sebagaimana yang dilaksanakan pada pembelajaran Bahasa Inggris di SMP N 1 Cepiring. Dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris siswa terlihat sangat bersemangat dan lebih aktif. Mengapa harus menggunakan media lagu? Karena media lagu memberikan beberapa dampak yang positif dalam perkembangan belajar Bahasa Inggris pada siswa.

Pertama, dapat meningkatkan kemampuan listening (mendengarkan) pada siswa. Saat mendengarkan dialog ataupun teks berbahasa Inggris, seringkali siswa tidak bisa memahami apa yang sedang diucapkan oleh pembicaranya. Kemampuan listening atau mendengarkan ini tidak mudah dan banyak siswa yang mengeluh sulit menangkap ucapan dari kata-kata yang didengarnya. Oleh karena itu anak harus dibiasakan dan dilatih terus menerus. Adanya lirik-lirik dalam lagu yang diucapkan berulang ulang oleh si penyanyi akan membuat siswa terbiasa dan memahami ucapan yang didengarnya.

Baca juga:  Nilai Semangat Sumpah Pemuda Seiring Era Digital

Kedua, dapat melatih pronounciation (pengucapan). Ketika mendengarkan lagu bahasa Inggris, pastinya para siswa akan ikut bernyanyi. Secara tidak langsung mereka pasti ingin mengikuti pengucapan dari si penyanyi. Tidak jarang juga mereka akan mengikuti aksennya sehingga tanpa disadari mereka sudah berlatih pengucapan yang baik dan benar.

Ketiga, dapat menambah vocabulary (kosakata). Menurut Hornby (2000:1331), vocabulary adalah sebuah daftar dari kata – kata dalam sebuah bahasa dengan maknanya sekaligus. Karena dengan mendengarkan lagu, juga akan sekaligus memahami liriknya. Biasanya siswa penasaran akan arti dari lirik tersebut dan berusaha membuka kamus untuk mencari artinya. Dalam hal ini, sangat efektif merangsang para siswa untuk bisa mengetahui makna yang terdapat dalam lagu tersebut, sehingga dapat memperkaya vocabulary.

Baca juga:  Asyiknya Bermain Word Chain Game untuk Melatih Kosakata

Dengan media lagu, pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih menyenangkan. Lagu yang dibawakan oleh penyanyi diriringi musik membuat para siswa terlihat santai dan tidak tegang saat pembelajaran berlangsung. Kondisi seperti inilah yang mendorong siswa lebih mudah berfikir dan memahami materi pembelajaran. Oleh karena itulah pembelajaran bahasa Inggris menjadi mengasikkan dan siswa lebih aktif, sehingga mudah memahami materi. (lbs1/ton)

Guru Bahasa Inggris SMP N 1 Cepiring, Kabupaten Kendal.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya