alexametrics

Metode Drill Tingkatkan Hasil Belajar Materi Jurnal Umum

Oleh : Lilik Hidayati S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, AKUNTANSI merupakan pola berpikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logis menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas, dan akurat. Kemampuan berpikir kritis, sistematis, logis, kreatif, terampil, dan bekerja sama yang efektif sangat diperlukan dalam kehidupan yang modern kompetitif ini. Kemampuan ini dapat dikembangkan melalui belajar akuntansi.

Anggapan bahwa akuntansi adalah pelajaran yang sulit dan membosankan karena berkutat dengan angka-angka saja, menyebabkan rendahnya keterampilan dalam penguasaan materi akuntansi. Tentu saja berdampak rendahnya hasil belajar pada peserta didik di SMAN I Paninggaran terutama di kelas XII IPS1. Pemilihan dan penggunaan metode yang tepat dan sesuai dengan tujuan kompetensi sangat diperlukan, karena metode adalah cara yang digunakan oleh guru untuk mengadakan hubungan dengan peserta didik pada saat kegiatan belajar-mengajar berlangsung. Metode pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan dan minat belajar siswa sehingga hasil belajar akan meningkat.

Baca juga:  Asyiknya Akuntansi dengan Permainan Angka Transaksi

Supaya peserta didik tertarik dan termotivasi belajar dalam usaha untuk meningkatkan keterampilan dan hasil belajar, perlu diterapkan metode pembelajaran yang relevan. Salah satu metode pembelajaran yang dianggap relevan dengan kondisi yang ada adalah menggunakan metode drill. Metode drill adalah metode mengajar dengan memberikan latihan-latihan kepada peserta didik untuk memperoleh suatu keterampilan.

Dengan menggunakan metode drill atau latihan, peserta didik lebih mudah memahami materi mata pelajaran yang sedang dibahas sehingga menimbulkan rasa percaya diri bahwa dirinya dapat menguasai akuntansi. Metode drill sangat cocok untuk mata pelajaran akuntansi, karena belajar akuntansi pada dasarnya merupakan hasil belajar konsep. Metode drill membuat peserta didik aktif dalam belajar pada akhirnya terampil menyelesaikan kasus-kasus.

Baca juga:  PJBOL Tingkatkan Kreativitas Belajar PBO

Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas peserta didik adalah metode drill. Menurut Hamdani (2011), metode drill merupakan metode yang mengajarkan siswa untuk melaksanakan kegiatan latihan agar siswa memiliki keterampilan dalam mengerjakan latihan soal. Sudjana (1995:86) mendefinisikan metode drill adalah metode dalam pengajaran dengan melatih peserta didik terhadap bahan yang sudah diajarkan/diberikan agar memiliki ketangkasan atau keterampilan dari apa yang telah dipelajari.

Pembelajaran metode drill, terlebih dahulu guru membuat perencanaan mengajar melalui RPP. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru tetap menjelaskan karakter dari jurnal umum dan tata cara penjurnalannya. Guru juga memberikan contoh transaksi dan cara menyelesaikan jurnal umum. Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan atau perintah beserta jawabannya. Pertanyaan tersebut diajukan secara lisan atau tertulis kepada peserta didik kemudian mendengarkan atau memeriksa hasil pekerjaan peserta didik. Mengajukan kembali berulang-ulang pertanyaan atau perintah yang telah diajukan dan mendengarkan jawabannya. Kegiatan ini menuntut peserta didik untuk meningkatkan konsentrasi guna memahami perintah atau pertanyaan yang disampaikan oleh guru.
Peserta didik menjawab secara lisan atau tertulis perintah yang diajukan oleh guru. Setelah mampu menjawab pertanyaan maka dipersiapkan untuk mendapatkan pertanyaan berikutnya.

Baca juga:  Belajar Matematika Jadi Lebih Mudah dengan PBL

Pembelajaran dengan metode drill membantu peserta didik meningkatkan keterampilan dan pemahaman materi jurnal umum, sehingga sangat membantu dalam meningkatkan hasil belajarnya. Peserta didik lebih cepat dalam menyelesaikan permasalahan dalam materi jurnal umum. Dengan metode ini, anak menjadi terbiasa belajar secara rutin sehingga meningkatkan kecakapan hidup untuk berdisiplin dalam kehidupan bermasyarakat. (ti2/ida)

Guru Ekonomi SMAN I Paninggaran, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya