alexametrics

Video Pembelajaran Mudahkan Siswa Belajar di Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Sugiyarti, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, COVID-19 sangat berdampak pada bidang pendidikan karena pembelajaran harus dilaksanakan secara jarak jauh. Sudah sebelas bulan siswa harus belajar di rumah sebagai salah satu upaya pencegahan dari penyebaran virus Covid 19. Pembelajaran di masa Covid 19 ini, guru dituntut untuk lebih meningkatakan kompetensi profesionalnya. Kompetensi tersebut adalah modal bagi guru untuk menyesuaikan dengan perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan. Guru harus melakukan pembaharuan untuk mendesain pembelajaran yang sesuai dengan kondisi yang terjadi. Pembelajaran di masa Covid-19 yang dilaksanakan di kelas V SDN 03 Muncang adalah dengan menggunakan media yaitu video karena video merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk mengantisipasi keterbatasan pembelajaran yang dilakukan secara online.

Penggunaan media dapat mempermudah dalam menyampaikan informasi yang berupa materi kepada siswa. Media pembelajaran digunakan sebagai perantara komunikasi antara guru dan siswa. Sebagai perantara media harus dapat menyampaikan informasi dari pemberi ke penerima pesan dalam hal ini adalah guru kepada siswa. Menurut Arsyad ( 2004: 36 ), video merupakan serangkaian gambar gerak yang disertai suara yang membentuk suatu kesatuan yang dirangkai menjadi alur dengan pesan-pesan di dalamnya untuk ketercapaian tujuan pembelajaran yang disimpan dengan proses penyimpanan pada media pita atau disk.Media berbentuk video pembelajaran dapat mengambil dari internet atau bisa dengan kreasi sendiri. Video yang bersumber dari internet bisa memanfaatkan video yang berasal dari youtube atau dari aplikasi pembelajaran digital. Sementara video yang dibuat sendiri dapat dibuat sederhana maupun komplek. Pembuatan video sederhana dapat dibuat dengan cara menggunakan kamera yang ada pada smartphone maupun handcam. Sementara video dengan pembuatan secara komplek dapat memanfaatkan aplikasi. Aplikasi yang dapat digunakan adalah power point dan corel video studio Pro X-8.Setelah pembuatan video selesai maka video bisa dikirim melalui WA group kelas sesuai dengan jadwal pembelajaran hari itu.

Baca juga:  Enjoy, Tumbuhkan Kreativitas Siswa melalui Pendekatan Bervariasi

Ada beberapa fungsi dari media video pembelajaran antara lain lebih efektif, mempercepat proses pembelajaran serta meningkatkan kualitas belajar. Dari fungsi tersebut video merupakan media yang memiliki daya efektivitas yang tinggi untuk digunakan pada pembelajaran di masa covid 19 sekarang ini. Pembelajaran dengan sistem daring ini akan lebih menarik dan memotivasi siswa karena dapat menyajikan audio dan visual. Apalagi untuk rata-rata usia anak SD, media video sangatlah membantu karena secara perkembangan anak SD masih dalam tahap operasional konkrit. Kreativitas guru dalam mendesain video pembelajaran merupakan suatu cara agar materi yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa. Desain tayangan yang dihasilkan diharapkan dapat memotivasi siswa untuk belajar pada situasi saat ini. Menumbuhkan motivasi belajar secara virtual merupakan salah satu usaha yang harus dilakukan oleh guru melalui media tersebut.

Baca juga:  Puztaka, Tingkatkan Minat Belajar Siswa tentang Peta Wilayah Kabupaten/Kota

Beberapa kelebihan video pembelajaran antara lain mengatasi jarak dan waktu. Apalagi pembelajaran di masa Covid-19 sekarang ini. Selain itu video dapat diulang-ulang untuk menambah kejelasan dan juga dapat mengembangkan pikiran dan pendapat para siswa. Sedangkan kelemahannya adalah terlalu menekankan materi ketimbang proses dan perlu memakan biaya yang tidak murah. Dari kelebihan dan kekurangan video pembelajaran, tetaplah membantu pembelajaran siswa kelas V SDN 03 Muncang di masa pandemi covid 19 sekarang ini. (pg2/zal)

Guru SDN 03 Muncang, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya