alexametrics

Pembelajaran Video Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Oleh : Wasriyah.S.Pd. SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Video based learning adalah penyampaian pengetahuan atau ketrampilan dengan menggunakan video. Video untuk belajar harus memiliki sedikitnya dua elemen yaitu visual dan audio. Elemen visual berguna untuk menyediakan sumber utama informasi yang mudah dipahami dan dilaraskan dengan elemen audio yang digunakan untuk menguraikan informasi.

Apakah yang menjadi kelebihan video bila digunakan saat belajar ? Pertama, efektif dan efisien. Belajar menggunakan video lebih efektif dalam menjelaskan suatu informasi yang bersifat abstrak dalam waktu yang singkat. Semakin sedikit durasi dari video tersebut, maka pembelajaran dapat lebih bermakna, karena peserta justru bisa lebih mudah memahami dengan video yang singkat namun mencakup seluruh informasi, dibandingkan dengan video durasi panjang yang cenderung memmbosankan.

Kedua, pengalaman belajar yang baru. Belajar menggunakan video akan memberikan pengalaman belajar yang baru bagi peserta. Video dapat menghadirkan sentuhan hiburan saat belajar sehingga proses belajar tidak harus selalu menegangkan dan membosankan. Pengalaman baru akan lebih dirasakan lagi bila peserta tersebut disajikan video interaktif. Keterlibatan peserta akan sangat dibutuhkan saat video tersebut dijalankan, sehingga akan tertanam suatu pengalaman baru bagi peserta tersebut.

Baca juga:  Bulan Islami Tingkatkan Disiplin Ibadah di Masa Pandemi

Ketiga, mudah dimengerti. Video untuk belajar dibuat dengan gambar yang bersifat realistis, didukung dengan desain grafis dan minim teks sehingga memudahkan peserta memahami informasi yang disampaikan. Pelajar mengamati gambar yang diperlihatkan, mengasimilasi nilai pengetahuan dan menyerap keterampilan yang disajikan dengan lebih mudah.

Keempat, mendukung pembelajaran aktif, video interaktif memberikan kesempatan bagi pelajar untuk berperan aktif saat belajar. Video interaktif baru bisa berjalan apabila ada respon atau interaksi dari peserta yang menggunakannya, tentunya dengan aktif memberikan pengalaman langsung yang tentunya akan diingat oleh peserta tersebut.

Bagi sekolah dasar SD Negeri Karanggondang Karangayar penggunaan media video pembelajaran dapat menarik perhatian siswa, sehingga dapat menumbuhkan minat dalam belajar. Peranan media video pembelajaran yang dinyatakan oleh Mahadewi, dkk (2006:7) bahwa tayangan audio visual yang disajikan melalui video pembelajaran merangsang siswa untuk memerhatikan video dengan seksama, karena membutuhkan keterlibatan fisik dan emosional siswa, sehingga siswa lebih berminat untuk mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian penggunaan media video pembelajaran dapat membantu siswa belajar melakukan berbagai aktivitas yang terdapat dalam proses pembelajaran.

Baca juga:  Strategi Pembelajaran Index Card Match Tingkatkan Kemampuan Siswa

Kosasih (2014) menyatakan pembelajaran project based learning memfokuskan pada aktivitas siswa dalam pengumpulan informasi. Setiap potensi yang dimiliki siswa dapat dikembangkan melalui berbagai aktivitas yang terjadi dalam pembelajaran. Suasana pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran project based learning memunculkan interaksi yang terjadi antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa, mendorong siswa melakukan berbagai aktivitas belajar. Interaksi tersebut mendukung kelancaran proses pembelajaran.

Pembelajaran dengan video based learning, siswa berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Guru SD hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran project based learning berbantuan media video pembelajaran pada mata pelajaran sebagai suatu alternatif pembelajaran dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Guru hendaknya berupaya meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa, sehingga dapat bersaing dalam kompetensi antar sekolah. (pg2/ton)

Baca juga:  Asyiknya Belajar Nabi Muhammad SAW Panutanku melalui Metode Bercerita

Guru SD Negeri Karanggondang, Kec. Karangayar Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya