alexametrics

Modifikasi PJOK dalam Meningkatkan Imun Tubuh Siswa di Masa Pandemi

Oleh : Sus Windiawati, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, World Health Organization (WHO) pada 11 Maret 2020, mengumumkan status pandemi global penyakit virus Corona 2019. Pandemi menurut KBBI adalah wabah yang terjangkit serempak di mana – mana, meliputi daerah geografi yang luas. Wabah penyakit menular dan memiliki garis infeksi berkelanjutan . pandemi Covid-19, nyaris melumpuhkan negara – negara, termasuk indonesia. Pemerintahpun menerapkan kebijakan Work From Home (WFH), termasuk di bidang pendidikan.

Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) penting diajarkan saat pandemi Covid-19, sebab untuk mencapai derajat kekebalan tubuh yang yang memadai perlu olahraga secara teratur. Meski demikian, harus di lakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Untuk itu perlu adanya modifikasi pembelajaran dengan memperhatikan ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki siswa di rumah.

Materi pelajaran olahraga dipilih dengan memperhatikan kompleksitas kompetensi dasar dan dukungan yang dimiliki siswa dan guru di dalam menyusun materi apa yang akan disampaikan. Penulis sebagai guru PJOK di SD Negeri 01 Majakerta Kecamatan Watukumpul – Pemalang, dimasa pandemi ini penulis menggunakan metode pembelajaran yang inovatif. Dalam memilih metode pembelajaran hendaknya yang dapat merangsang siswa untuk aktif, meskipun tidak diawasi secara langsung oleh guru dan di laksanakan secara mandiri di rumah.

Baca juga:  Tingkatkan Motivasi dengan Video Pembelajaran Daring

Penilaian hasil belajar sebaiknya di sederhanakan tetapi tetap memperhatikan kompetensi yang akan di capai yaitu mencakup aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hal itu, tentunya perlu adanya komitmen dari guru, mulai perencanaan hingga penilaian sebab dalam situasi pandemi ini dibutuhkan aktivitas yang dapat meningkatkan imunitas tubuh siswa. Dengan demikian, penulis sebagai guru PJOK di SD Negeri 01 Majakerta – Watukumpul Pemalang, senantiasa memantau aktifitas siswa baik secara virtual maupun tatap muka apabila memungkinkan. Hal itu agar siswa lebih memahami dan dapat mempraktekkan pelajaran.

Guna memudahkan penyampaian materi pelajaran, penulis mengirimkan vidio berisi panduan berolahraga untuk di praktekkan siswa di rumah. Selain itu guru, harus menyampaikan materi kesehatan kepada siswa agar menjadi kebiasaan hidup bersih dan sehat, seperti menjalankan 3M, yaitu Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak saat pandemi ini. Untuk menilai sikap siswa, guru (Penulis), menggunakan jurnal penilaian sikap, baik sikap spiritual dan sosial selama mengikuti pelajaran. Begitu juga dalam penilaian pengetahuan dapat dilakukan memberikan sejumlah pertanyaan/soal melalui media Google From atau WA dan sejenisnya.

Baca juga:  Pembelajaran Gerak Overhead Backhand Bulutangkis dengan PBL

Untuk penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan menilai praktek, produk dan proyek siswa. Hal itu diantaranya dengan mengamati proses aktifitas gerak siswa yang diukur menggunakan instrumen penilaian praktek yang sudah di susun oleh guru. Sementara dalam penilaian proyek dapat dilakukan dengan memberikan proyek aktivitas gerak, misalnya senam atau atletik yang didokumentasikan melalui vidio. Dengan pembelajaran PJOK yang di modifikasi sesuai dengan kebutuhan siswa ini, semoga guru dan siswa SD Negeri 01 Majakerta ,Watukumpul – Pemalang terhindar dari berbagai penyakit.

Oleh karena itu, perlu adanya kolaborasi antara Guru, siswa dan orang tua untuk selalu memantau pembelajaran siswa di rumah dan tetap mengawasi siswa atau putra – putrinya dirumah mematuhi protokol kesehatan. Penulis berdoa semoga pandemi Covid-19 segera berakhir dan pembelajaran dapat kembali normal. Kembali ke pembelajaran tatap muka dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan pada Era New Normal nanti. (pg2/ton)

Baca juga:  V-Lab Semangatkan Belajar Titrasi Asam Basa

Guru PJOK SD Negeri 01 Majakerta, Watukumpul – Pemalang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya