alexametrics

Aplikasi Tik Tok sebagai Media Praktek Tari pada Siswa-Siswi Kelas VIII

Oleh : Dilli Hapsari Ningrum

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semenjak diberlakukannya masa darurat Covid-19 pada tanggal 16 Maret 2020, hampir seluruh sekolah di Indonesia terutama di Bali mengambil kebijakan untuk pembelajaran via daring atau disebut dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dengan adanya pembelajaran daring guru dan peserta didik sama-sama belajar untuk memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran.

Pengalihan pembelajaran berbasis daring tentu membuat semua orang terasa tersentak, dan berusaha fokus pada pembelajaran berbasis daring. Secara umum, elemen yang paling berkaitan erat dengan pembelajaran berbasis daring ini adalah guru dan siswa. Pada konteks tertentu, pada siswa kelas sekolah dasar, bahkan sekolah lanjutan pertama mungkin masih memerlukan peran pendamping dalam pembelajaran daring yaitu orang tua atau orang sekelilingnya yang bertanggungjawab dalam membantu proses pembelajaran daring bagi anaknya. Pemanfaatan berbagai media pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diolah sesuai dengan kemampuan dan keinginan guru. Tuntutan guru tidak hanya secara akademis tetapi juga kemampuan untuk berkomunikasi yang harus dilakukan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) Seperti pada media pembelajaran Google Classroom, Moodle dan Group Whatsapp, dan bebarapa Aplikasi yang ada didalam HP android yang sekarang ini masih trend dikalangan para pelajar.

Baca juga:  Serunya Belajar Bilangan dengan Media Papan Perjalanan

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk memberikan tugas pada mata pelajaran seni budaya, pada materi gerak dan tari kepada siswa siswi di SMPNegeri 1 Tirto adalah menggunakan aplikasi tiktok. Aplikasi Tik Tok adalah sebuah jejaring sosial dan flatform video musik asal negeri Tiongkok yang diluncurkan pada awal september 2016. Aplikasi tersebutmemberikan akses kepada para pemakai untuk membuat video musik pendek mereka sendiri. Sepanjang tahun 2018 sampai tahun 2019, Tik Tok mengukuhkan diri sebagai aplikasi paling banyak diunduh yakni 45, 8 juta kali (Fatimah Kartini Bohang, 2018).

Pada penugasan materi tentang tari, guru menggunakan dan mamenfaatkan aplikasi Tik Tok. Tari adalah seni yang menggunakan gerakan tubuh yang dilakukan di tempat tertentu dan pada waktu tertentu untuk mengekspresikan perasaan, gerak, dan irama (wiroso, wirogo, wiromo). Tari merupakan kombinasi dari berbagai elemen, yaitu tubuh, ritme dan rasa. Pengertian tari menurut Yulianti Parani adalah bagian atau semua gerakan ritmis tubuh yang dilakukan baik secara individu maupun kelompok. Dan dalam penyajiannya disertai dengan beberapa ekspresi tertentu.

Baca juga:  Pembelajaran Materi Deskripsi Kreatif dengan Metode Demonstrasi

Sesuai dengan pengertian diatas mengenai tari, maka sangatlah tepat dan menjadi menarik ketika siswa diberikan penugasan untuk menari menggunakan aplikasi Tik Tok. Karena pada dasarkan di dalam aplikasi Tik Tok siswa mampu mengekpresikan segala apa yang di inginkan sesuai rasa serta sesuai apa yang diharpakan oleh guru.

Namun demikian meski siswa antusias dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru tetap saja masih ada kendala dan keterbatasan dalam melaksanakan PJJ ini dengan menggunakan daring. Kendala yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang terjadi pada peserta didik juga ada pada guru seperti tidak memiliki HP android, paket data dan jaringan sinyal. Kendala tersebut bisa menjadi hambatan dalam proses pembelajaran. Namun guru tentu memaklumi keadaan tersebut dan memberikan solusi dan jalan keluar terhadap permasalahan yang dihadapi kepada peserta didik agar peserta didik tetap bisa mengikuti proses pembelajaran. Tugas dapat diambil dan dikumpulkan disekolah saat kondisi aman dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Gangguan jaringan atau sinyal dengan memberikan rentang waktu pengerjaan yang lebih lama sehingga pengerjaan tugas tidak menjadi beban berat. (lbs2/ton)

Baca juga:  Asyiknya Belajar Singular and Plural dengan Berkataja

Guru SMP Negeri 1 Tirto Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya