alexametrics

Penerapan PBL pada Pembelajaran Pembiakan Tanaman di Era Pandemi Covid-19

Oleh : Hartanto Catur Setiawan, S.P

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Hingga saat ini dampak virus korona (Covid-19) masih terasa. Covid-19 menjadikan dunia pendidikan mengalami keterlambatan proses untuk kemajuan. Proses belajar di SMK Negeri 1 Ngablak pun juga terkena imbas dari pandemi Covid-19. Sekolah kejuruan yang lebih mengutamakan siswanya terampil tidak bisa hanya mengandalkan pembelajaran secara daring.

Tujuan pembelajaran adalah tercapainya perubahan perilaku hasil belajar atau kompetensi pada siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dapat terjadi melalui interaksi pendidik dengan siswa, maupun siswa dengan siswa.

Kemajuan zaman menuntut para pendidik berpikir keras terhadap perkembangan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga membawa perubahan dalam bidang pendidikan untuk menemukan inovasi-inovasi baru dalam proses pembelajaran dan menciptakan pembelajaran yang efektif.

Menurut Afriana (2015), pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik. Pengalaman belajar peserta didik maupun konsep dibangun berdasarkan produk yang dihasilkan dalam proses pembelajaran berbasis proyek.

Baca juga:  Penggunaan Komik Mampu Tingkatkan Hasil Belajar Hukum Newton

Pembelajaran berbasis proyek (project based-learning atau PBL) adalah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar

Langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek menurut The George Lucas Educational Foundation adalah penentuan pertanyaan mendasar (start with the essential question), mendesain perencanaan proyek (design a plan for the project), memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (monitor the students and the progress of the project), menguji hasil (assess the outcome), mengevaluasi pengalaman (evaluate the experience).

Rumusan arti pendidikan kejuruan sangat bervariasi. Menurut Rupert Evans (1978), pendidikan kejuruan adalah bagian dari sistem pendidikan yang mempersiapkan seseorang agar lebih mampu bekerja pada satu kelompok pekerjaan atau satu bidang pekerjaan daripada bidang-bidang pekerjaan lainnya. Menurut penjelasan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 15, pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Pendidikan kejuruan terdiri dari Sekolah Menengah Kejuruan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan.

Baca juga:  Peningkatan Minat Belajar Materi Baru Sitar Berbantu Media Google Sketchup

Penerapan project based learning ( PBL) pada pembelajaran pembiakan tanaman (PT) di SMK Negeri 1 Ngablak memberikan hasil yang lebih baik karena materi pembelajaran lebih mudah diterima peserta didik. Baik yang bersifat pengetahuan maupun psikomotorik atau praktik.

Penerapan metode ini terdiri dari tiga tahapan utama yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Perencanaan kegiatan yang dilakukan pada tahap perencanaan yaitu: menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang bersifat PJJ atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (RPPJJ) yang berisikan langkah-langkah proses pembelajaran dengan model PBL dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).

Menyusun lembar observasi aktivitas guru dan penilaian psikomotor peserta didik yang akan digunakan setiap proses pembelajaran. Menyusun soal tes yang akan diberikan pada setiap akhir kegiatan.
Kesimpulan dengan PBL pada pembelajaran pembiakan tanaman (PT) terutama materi perbanyakan tanaman secara vegetatif peserta didik lebih memahami pengetahuan perbanyakan vegetatif. Dan lebih terampil dalam melakukan praktik perbanyakan tanaman secara vegetatif. (pm1/lis)

Baca juga:  Quipper School Mudahkan Guru dan Siswa Belajar Daring

Guru Mapel Produktif Pertanian SMKN 1 Ngablak, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya