alexametrics

Memahami Kisah Nabi dengan Crossword Puzzle

Oleh : Hadhiq S.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Bagi umat Islam Nabi dan Rasul merupakan sosok yang dijadikan suri tauladan. Jumlah nabi yang sesungguhnya memang tak terhitung. Namun dalam Islam, wajib mengimani 25 nabi dan rasul. Sejak Nabi Adam hingga Nabi Muhammad SAW.

Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) khususnya materi kisah teladan Nabi dan Rasul, biasanya guru menggunakan metode yang kurang variatif dan memposisikan dirinya sebagai sosok yang serba tahu. Peserta didik kurang dilibatkan dalam pemanfaatan potensi yang mereka miliki. Ketidakmampuan guru dalam menyajikan pembelajaran yang menarik di kelas, membuat peserta didik merasa jenuh, lelah, ngantuk, gagal paham, kurang konsentrasi, dan tidak fokus lagi terhadap materi yang disampaikan guru. Motivasi belajarnya menjadi berkurang dan prestasinya rendah.

Melihat hal ini penulis berinisiatif mencoba menerapkan metode yang melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran, yaitu metode Crossword Puzzle (teka-teki silang/TTS). Yakni, metode pembelajaran yang melibatkan semua peserta didik untuk berpikir saat pembelajaran berlangsung dengan mengisi TTS sehingga peserta didik menjadi lebih antusias.
Dalam TTS disediakan sejumlah pertanyaan, pertanyaan atau kata/frase sebagai kunci untuk mengisi serangkaian kotak-kotak kosong yang didesain sedemikian rupa. Menurut Rinaldi Munir (2005), TTS merupakan permainan dengan tempelate yang berbentuk segi empat yang terdiri atas kotak-kotak yang berwana hitam putih, serta dilengkapi dua lajur, yaitu mendatar (kumpulan kotak yang berbentuk satu baris dan beberapa kolom) dan menurun (kumpulan kotak satu kolom dan beberapa baris).

Baca juga:  Strategi Dibias untuk Penguatan PPK di Sekolah

Dalam model pembelajaran dengan menggunakan metode crossword puzzle, penulis menerapkannya pada peserta didik kelas III semester II Kompetensi Dasar (KD) memahami kisah keteladanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Isma’il AS. Langkah–langkah sebagai berikut, pertama, membaca doa sebelum melakukan pembelajaran. Kedua, guru memberikan pengantar tentang materi yang akan diajarkan. Ketiga, guru memberikan materi tentang memahami kisah keteladanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Isma’il AS. Keempat, guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari dua-tiga peserta didik. Kelima, peserta didik diberi kertas yang berisi soal TTS untuk dijawab bersama dengan kelompoknya dan diberi waktu 15 menit untuk menjawab. Keenam, guru membahas jawaban TTS bersama dengan peserta didik. Ketujuh, guru memberikan reward berupa hadiah maupun pujian kepada kelompok yang paling banyak mengisi kotak TTS dengan benar. Kedelapan, guru memberikan kesimpulan dan memberi waktu kepada peserta didik untuk bertanya.

Baca juga:  Cetak Tinggi Proses Berkarya Seni Grafis yang Menyenangkan

Metode pembelajaran crossword puzzle memahami kisah keteladanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Isma’il AS kelas III SDN 02 Bukur, penulis dapat menyimpulkan beberapa hal yang dicapai. Pertama, peserta didik lebih mudah diajak aktif dalam mengoordinasikan keterampilan tangan, mata, dan kecepatan berpikir secara bersamaan. Kedua, bermanfaat untuk mengasah otak, melatih koordinasi mata, tangan, nalar, dan kesabaran sehingga memudahkan proses pentransferan pengetahuan kepada para peserta didik. Ketiga, memudahkan peserta didik dalam mengingat materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Keempat, dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan membuat peserta didik belajar berkonsentrasi. Kelima, dapat menghilangkan rasa bosan karena mereka harus berpikir tentang jawaban sampai selesai. (ti2/ida)

Baca juga:  Memahami Luas Permukaan Balok dengan Media Ketela

Guru PAI SDN 02 Bukur, Kecamatan Bojong, Kabupaten pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya