alexametrics

Quizziz, Kuis Belajar Asik dan Menyenangkan

Oleh : Subekhi, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, HASIL belajar dapat diartikan sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil tes atau kuis mengenai sejumlah materi pelajaran tertentu (Susanto, 2013:5). Salah satu cara untuk mengukur keberhasilan pembelajaran adalah melalui penilaian pembelajaran. Penilaian merupakan suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik dalam rangka membuat keputusan-keputusan berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu (Arifin, 2013).

Kegiatan penilaian di SD Negeri 02 Asemdoyong pada umumnya masih berbasis kertas, sehingga terkesan monoton dan kurang menarik bagi siswa. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, penulis mencoba melakukan penilaian mata pelajaran Matematika kelas VI dengan Kompetensi Dasar (KD) menjelaskan bilangan bulat negative menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat dilakukan secara online menggunakan quizizz.

Baca juga:  Meningkatkan Karakter Religius Siswa PAKatBP melalui Metode SBDP

Quizizz merupakan salah satu Game Based Learning (GBL) interaktif online yang dapat diakses melalui web browser maupun aplikasi mobile. Quizizz dapat digunakan oleh guru dalam memberikan pretest pada awal pembelajaran dan postest pada akhir pembelajaran agar menjadi kegiatan yang menghibur dan membuat sebagian siswa berpartisipasi aktif (Ceker dan Ozdambli, 2017:224).

Quizizz terdiri atas soal dan empat pilihan jawaban termasuk jawaban benar di antara pilihan tersebut. Pada soal maupun pilihan bisa diberikan gambar sesuai dengan keinginan. Soal yang sudah dibuat dapat dibagikan kepada peserta didik dengan menggunakan enam digit kode agar siswa dapat login ke www.quizziz.com tersebut untuk mengerjakan kuis dengan cara klik game. Pada akhir kuis, siswa dapat mengetahui nilai secara langsung dan peringkat yang didapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal, guru dapat mengetahui peserta didik yang menjawab benar atau salah, dan siswa yang mendapatkan skor paling tinggi atau rendah.

Baca juga:  Siswa Aktif dan Hasil Belajar Meningkat dengan Active Learning

Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR), sehingga dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh siswa asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Kelebihan penggunaan Quizziz sebagai alat penilaian di antaranya, tidak menggunakan kertas, bersifat interaktif, siswa tidak jenuh atau bosan saat pembelajaran sehingga motivasi belajar dan hasil belajar siswa meningkat. Dapat juga diterapkan pada seluruh mata pelajaran, soal dapat diacak, waktu bisa di-setting cepat sehingga siswa tidak bisa mencontek, siswa dapat mengetahui hasil evaluasi secara langsung muncul di layar smartphone atau laptop masing-masing. Bahkan, Quizziz memunculkan data dan statistik hasil yang dikerjakan siswa sehingga guru tidak perlu melakukan analisis hasil belajar secara manual.

Baca juga:  Tingkatkan Motivasi Belajar Daring dengan Game Kahoot

Sedangkan kendala penggunaan Quizziz sebagai alat penilaian di antaranya, tidak semua siswa memiliki smartphone, keterbatasan kuota yang dimiliki peserta didik, sinyal dari provider penyedia layanan internet yang tidak stabil.

Dari pemantauan penulis, saat siswa mengerjakan kuis menggunakan Quizziz terjadi peningkatan aktivitas siswa. Hal ini karena sifatnya belajar sambil bermain membuat suasana kegiatan belajar mengajar menjadi asyik, menarik, dan menyenangkan. (pg1/ida)

Guru SDN 02 Asemdoyong, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya