alexametrics

Peningkatan Kemampuan Berhitung melalui Kotak Pintar

Oleh : Sutiati, S.Pd.AUD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Taman Kanak-Kanak (TK) adalah salah satu bentuk pendidikan di jalur formal. Menyediakan program pendidikan dini anak usia 4 sampai 6 tahun sebelum memasuki pendidikan dasar. Bertujuan membantu anak didik mengembangkan potensi baik psikis dan fisik. Meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional, kognitif bahasa, fisik motorik, kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.

Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu kegiatan yang perlu dikenalkan di TK adalah kegiatan berhitung yang dilaksanakan dengan prinsip bermain sambil belajar. Berhitung adalah salah satu cabang dari matematika, ilmu hitung adalah suatu bahasa yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antara berbagai proyek, kejadian, dan waktu.

Sedangkan kemampuan berhitung merupakan kesanggupan untuk menguasai pengerjaan suatu hitungan baik berupa menjumlahkan, mengurangi dan sebagainya.

Baca juga:  Tingkatan Kemampuan Kognitif Anak melalui Media Gelas Plastik

Berbagai upaya mengenalkan berhitung yang dilaksanakan dalam pembelajaran seperti: pembelajaran berhitung menggunakan gambar, biji-bijian, manik-manik, namun masih banyak anak kurang tertarik dan kurang antusias dengan bahan-bahan tersebut, sehingga pembelajaran berjalan kurang optimal.

Hal ini dikarenakan kurang menariknya metode yang digunakan guru saat mengajar. Media yang digunakan juga sangat terbatas, dalam mengajarkan berhitung guru biasanya menuliskan angka-angka di papan tulis dan anak-anak meniru tulisan tersebut. Akibatnya konsep berhitung kurang diserap dengan baik oleh anak didik.

Berhitung merupakan bagian dari matematika yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama konsep bilangan. Bilangan merupakan dasar bagi pengembangan kemampuan matematika.

Dengan demikian berhitung di TK diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan dasar matematika sehingga anak secara mental siap mengikuti pembelajaran matematika lebih lanjut di sekolah dasar.

Baca juga:  Bermain Seni Kriya Bagi Anak Usia Dini

Adapun indikator pencapaian anak dalam berhitung melalui bermain kotak pintar adalah sebagai berikut : anak mampu membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) sampai dengan 20. Anak mampu mengelompokkan benda-benda sesuai dengan wama. Anak mampu membuat urutan l-20 dengan benda-benda. Anak mampu membedakan dan membuat dua kumpulan benda yang sama jumlahnya dan yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit. Anak mampu menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan dengan benda sampai 20.

Anak mampu memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk lebih dari 3 pola yang berurutan, misalnya merah, kuning, hijau, merah, kuning, hijau, merah.

Kotak pintar adalaha lat peraga yang digunakan untuk menunjang kelancaran penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar khususnya berhitung di sekolah TK yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Sehingga kegiatan berhitung dapat berlangsung dengan teratur, efektif dan efisien sehingga tujuan belajar di TK dapat tercapai.

Baca juga:  Pembelajaran Asyik Menulis Anekdot melalui Teknik Parafrase

Untuk mencapai tahap kemampuan berhitung sesuai dengan usia anak, faktor yang mendasari perlunya kemampuan berhitung adalah: tingkat perkembangan mental anak, masa peka berhitung pada anak. Perkembangan awal menentukan perkembangan anak selanjutnya, tahapan kemampuan berhitung antara lain tahap penguasaan konsep, transisi dan lambang. (ag1/lis)

Guru TK Pertiwi 01 Tegalsari Timur

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya