alexametrics

Penggunaan Layanan Website Sekolah Mempercepat Akses Masyarakat

Oleh : Kistanto, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Tuntutan masyarakat terhadap mutu pelayanan pendidikan dari waktu ke waktu makin tinggi. Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin pesat, maka lembaga pendidikan dalam berbagai tingkat dan jenjang pendidikan tidak lagi dapat berpangku tangan untuk melestarikan kemampuan budaya dan performen suatu sekolah. Lembaga pendidikan harus gigih melakukan inovasi perubahan dalam berbagai aspek agar tidak ditinggalkan oleh masyarakat yang hidup dalam pada era globalisasi.

Menurut Sanjaya (2008), media dapat diklasifikasikan menjadi beberapa klasifikasi tergantung dari sudut mana melihatnya. Dilihat dari sifatnya, media dapat dibagi ke dalam media auditif, media visual, dan audio visual. Media auditif, yaitu media yang hanya dapat didengar saja, atau media yang hanya memiliki unsur suara seperti radio dan rekaman suara. Media visual yaitu media yang hanya dapat dilihat saja, tidak mengandung unsur suara, contohnya adalah film slide, foto, transparansi, kartu, gambar, dan berbagai bentuk bahan yang dicetak seperti media grafis dan lain sebagainya. Media audio visual yaitu jenis media yang selain mengandung unsur gambar yang bisa dilihat juga mengandung unsur suara yang bisa didengar misalnya, rekaman vidio, film, dan slide suara.

Baca juga:  Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran dengan Metode Iqra’

Menyadari hal tersebut, SDN 01 Jatirejo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang sebagai sekolah agen perubahan di masyarakat harus senantiasa melakukan perubahan sesuai dengan derap dinamika perkembangan masyarakat dalam perkembangan iptek. Teknologi Informasi berbasis komputer adalah salah satu media yang cukup efektif dalam mengelola sistem informasi akademik sekolah. Penggunaan internet dewasa ini juga mulai meningkat di kalangan pendidikan, penggunaan ini tidak hanya sekedar mencari informasi di internet saja, tetapi juga sudah menerapkan teknologi internet ini sebagai media publikasi sekolah dalam meningkatkan mutu dan kualitas sekolah.

Salah satu upaya SDN 01 Jatirejo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang yang bisa dijadikan sebagai program unggulan best practice sebuah institusi pendidikan sekolah adalah pembuatan website sekolah dengan domain sch.id yang dipandang sebagai jembatan emas untuk meraih masa depan yang gemilang. Terlebih di dalam website ini terdapat sistem yang memungkinkan pengawasan nilai siswa sebagai bahan evaluasi yang dapat dipantau oleh orang tua/wali diberbagai tempat yang pengolahannya dapat dilakukan secara online. Selain itu juga berbagai informasi SDN 01 Jatirejo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang yang menjadi daya tarik masyarakat dalam memandang citra sekolah.

Baca juga:  Kreativitas Kepala SD Gerakkan Potensi Sekolah di Tengah Pandemi

Pembuatan website sekolah di SDN 01 Jatirejo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang menjadi salah satu pilihan ketika masyarakat juga mulai terbiasa dengan memanfaatkan teknologi berbasis internet. Untuk itu, sudah selayaknya lembaga pendidikan memiliki website sebagai sarana komunikasi antara guru, siswa dan wali murid. Di samping itu, Website sekolah juga bisa menjadi pusat informasi bagi pengunjung dan mereka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya lebih tinggi. (ag2/ton)

Kepala SDN 01 Jatirejo Kec. Ampelgading Kab. Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya