alexametrics

Mudah Menguasai Teknik Menendang Bola melalui Metode Drill

Oleh : Karnoto, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan jasmani merupakan usaha pendidikan dengan menggunakan aktivitas otot-otot besar hingga proses pendidikan yang berlangsung tidak terhambat oleh gangguan kesehatan dan pertumbuhan badan. Sebagai bagian integral dari proses pendidikan keseluruhan, pendidikan jasmani merupakan usaha yang bertujuan untuk mengembangkan kawasan organik, neuromaskul intelektual, dan sosial (Abdul Kadir Ateng, 1992 : 4).

Pada semester ganjil kurikulum 2013 kelas V terdapat kompetensi dasar menerapkan prosedur kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. Siswa diharapkan dapat mempraktikkan pola gerak dasar dalam permainan sepak bola yang meliputi menendang bola, menggiring bola dan mengoper bola.

Dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah masih banyak kendala terutama ketersediaan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran. Selain itu, guru juga masih melakukannya dengan metode yang monoton dan konvensional. Hal ini juga terjadi pada pembelajaran materi permainan sepak bola kelas V pada tingkat sekolah dasar, khususnya di SD Negeri 01 Pulosari Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang.

Baca juga:  Asyik Belajar Regular dan Irregular Verbs dengan Verb Flash Card

Menurut Rohim (2008:1-2) sepakbola adalah permainan yang menantang secara fisik dan mental, kita yang harus melakukan gerakan yang terampil di bawah kondisi permainan yang waktunya terbatas, fisik dan mental yang lelah sambil menghadapi lawan, kita harus berlari beberapa mil dalam satu pertandingan, dalam permainan ini kita harus memahami teknik permainan individu, kelompok dan beregu dalam menentukan penampilan kita di lapangan.

Untuk tercapainya keberhasilan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, maka guru harus melakukan upaya untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan metode yang tepat. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk materi permainan sepak bola yaitu metode drill. Metode drill menurut Syaiful Sagala (2006: 61) adalah suatu cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan kepada siswa untuk memperoleh keterampilan, ketangkasan, kesempatan, dan kecepatan. Keterampilan tersebut dapat dikuasai dengan adanya kebiasaan-kebiasaan yang sudah terbangun pada siswa.

Baca juga:  Pembelajaran Berbasis Karakter sebagai Alat Interaktif yang Baik

Metode drill ini diterapkan pada pembelajaran penjasorkes materi permainan sepak bola kelas V SD Negeri 01 Pulosari khususnya praktik gerak dasar dalam menendang/shooting bola. Siswa diperkenalkan beberapa teknik dalam menendang seperti (1) menendang bola menggunakan kaki bagian dalam yang berguna untuk memberikan umpan ke pemain lain dengan jarak yang cukup jauh atau long passing, (2) menendang bola dengan kaki bagian luar. Teknik ini digunakan untuk memberi umpan kepada pemain lain secara menyilang, sehingga posisinya berlawanan dengan posisi kita dan (3) menendang bola dengan punggung kaki. Teknik ini digunakan untuk menendang bola langsung ke gawang atau shooting at the goal.

Setelah guru memperkenalkan beberapa teknik menendang bola dan mendemonstrasikannya kepada siswa, selanjutnya guru menyuruh siswa untuk mempraktikkannya bergantian secara individu maupun berpasangan. Guru mengamati dan memberikan bimbingan kepada siswa agar dapat melakukannya dengan baik dan benar secara berulang-ulang dan dipadukan dengan beberapa variasi pembelajaran seperti menendang sendiri, berpasangan dengan teman, menendang ke gawang dan melalui praktik dalam permainan sepak bola mini.

Baca juga:  Mengupas Unsur Pidato dengan Think Pair Share

Melalui metode drill ini ternyata siswa lebih antusias dan cepat dalam menguasai teknik menendang bola dalam permainan sepak bola. Dengan permainan yang melibatkan kolaborasi sesama teman, hal ini dirasakan sangat menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan kecintaan siswa pada olahraga sepak bola. (ag1/ton)

Guru SD Negeri 01 Pulosari, Kec. Pulosari Kab. Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya