alexametrics

PJJ yang Menyenangkan: Eksperimen Menemukan Rumus Kerucut

Oleh : Mulyoto, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran Jarak Jauh sebagai respon munculnya pandemi Covid-19 sudah hampir satu tahun berjalan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal selaku penanggung jawab pendidikan di Kabupaten Kendal telah mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka. Setiap sekolah baik negeri maupun swasta di bawah pembinaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal membuat proposal kegiatan pembelajaran tatap muka masa pandemi Covid 19. Selanjutnya diverifikasi dan divalidasi oleh tim dari Disdikbud Kendal.

Pembelajaran tatap muka tidak sepenuhnya karena pembelajaran dilakukan secara bergilir untuk satu kelas, jam pertama untuk 16 siswa pada 08.00 s.d. 10.00 dan jam kedua untuk 16 siswa pada 11.00 s.d. 13.00 tanpa jeda istirahat. Pembelajaran tatap muka atas persetujuan orang tua, apabila orang tua tidak mengizinkan maka sekolah tetap melayani pembelajaran daring.

Baca juga:  Pembelajaran Metode RASIS Membiasakan Bebas Sampah Plastik

SMP Negeri 2 Weleri Kendal sudah mempersiapkan sarana dan prasarana apabila proposal disetujui/ditunjuk oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal melaksanakan pembelajaran tatap muka, namun sampai saat ini belum ada informasi. Sehingga pembelajaran Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021 tetap menggunakan pembelajaran jarak jauh moda daring dengan memanfaatkan moodle dan grup whatshap kelas.

Untuk pembelajaran materi Bangun Ruang Sisi Lengkung: Kerucut, penulis menerapkan teknik eksperimen. Dalam pembelajaran teknik eksperimen siswa diajak melakukan suatu percobaan tentang suatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasilnya disampaikan ke kelas dan dievaluasi guru. Penggunaan teknik eksperimen bertujuan agar siswa mampu mencari dan menemukan sendiri berbagai jawaban atas persoalan-persoalan yang dihadapinya dengan percobaan sendiri. Siswa juga berlatih dalam berpikir yang ilmiah (scientific thinking). Dengan eksperimen siswa menemukan bukti kebenaran dari teori sesuatu yang sedang dipelajarinya (Roestiyah N.K., 2012).

Baca juga:  Seru! Belajar Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Window Shopping

Pengalaman penulis menerapkan pembelajaran teknik eksperimen bagi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Weleri Kendal pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung: Kerucut dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, penulis menyampaikan tujuan pembelajaran adalah menemukan rumus luas permukaan dan volume kerucut dengan eksperimen sederhana; Kedua, siswa diminta menyiapkan bahan dan alat antara lain: kertas, gunting, alat tulis, penggaris; Ketiga, siswa diminta menyimak video pembelajaran berkaitan dengan eksperimen sederhana menentukan luas permukaan dan volume kerucut; Keempat, siswa diminta melakukan eksperimen seperti yang ada divideo pembelajaran eksperimen menemukan rumuas luas permukaan dan volume kerucut. Hasil eksperimen ditulis pada lembar kerja. Kelima, siswa diminta membuat simpulan luas permukaan dan volume kerucut. Keenam, siswa mempelajari contoh-contoh soal yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume kerucut. Ketujuh, dipandu oleh guru, siswa mengambil simpulan dan refleksi berkaitan dengan luas permukaan dan volume kerucut. Kedelapan, siswa mengerjakan penilaian online berkaitan dengan luas permukaan dan volume kerucut.

Baca juga:  Semangat Menyambut Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Sebelum pembelajaran diakhiri, siswa diminta memberikan masukan atau komentar berkaitan dengan proses pembelajaran eksperimen menemukan luas permukaan dan volume kerucut. Hasil penilaian online juga sangat memuaskan karena 93% tuntas belajar dengan rata-rata 87. (ti2/ton)

Guru Matematika SMPN 2 Weleri Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya