alexametrics

Scratch Atasi Kebosanan Belajar dalam PJJ

Oleh : Ninik Yuliana Listianawati S.Kom M.Si

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN Jarak Jauh (PJJ) sangat mampengaruhi peserta didik dan guru dalam pembelajaran. Penggunaan metode monoton menumbuhkan kebosanan. Kurangnya pengawasan peserta didik dari orang tua juga menjadi faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Dalam prakarya dan kewirausahaan di SMAN 1 Bergas terdapat materi tentang rekayasa, di sini akan mengajak peserta didik untuk berkreasi membuat game sederhana menggunakan aplikasi scratch. Adapun pengertian scratch adalah sebuah bahasa pemprograman visual yang dikembangkan oleh Massachusetts Institute of Technologyse.
Aplikasi tersebut membuat pembelajaran menjadi menarik, karena bisa digunakan untuk membuat animasi, cerita interaktif, game, musik, dan seni. Belajar membuat program tanpa harus memikirkan salah benar penulisan sintaksis. Sehingga peserta didik mampu mengembangkan kreativitas dan imajinasinya dalam sebuah animasi, permainan, karya kesenian dan lain sebagainya.

Adapun langkah membuat game sederhana, seperti game apel jatuh adalah, pertama, buka aplikasi scratch. Kedua, hapus sprite yang tersedia, dengan cara pilih gambar kotak sampah pada bagian atas sprite. Ketiga, buat sprite baru dengan cara pilih sprite. Di bagian perpustakaan, pilih makanan kemudian pilih gambar apel dan mangkuk. Keempat, buat gambar latar belakang, dengan cara memilih backdrop kemudian pilih gambar. Kelima, sisipkan skrip di gambar apel mulai dari kode kejadian drak tombol ketika diklik ke area kerja. Sisipkan di bawahnya pergi ke posisi sembaraang, atur y dengan titik 150. Kode bagian kontrol drak tombol selamanya, ubah y sebesar min 5, jika posisi y kurang dari min 150 maka pergi ke posisi sembarang dengan mengatur y ke-150. Keenam, membuat scrip di mangkuk pertama pilih kode kejadian drak tombol ketika diklik ke area kerja. Kemudian pilih kode kontrol drak selamanya jika tombol panah ditekan maka ubah sebesar 10, dan jika tombol panah ke kiri ditekan ubah sebesar 10.

Baca juga:  Media Pembelajaran Berbantu Video Tingkatkan Hasil Belajar Materi Perangkat Keras Komputer

Ketujuh, memberikan skor pada apel tambahkan skrip atur skor ke-2, kemudian pilih kode kontrol drak selamanya, jika menyentuh mangkuk maka bunyikan suara koin dan ubah skor sebesar 1 dan pergi ke posisi sembarang dan atur y ke posisi 150. Sedangkan skrip untuk magkuknya adalah atur skore ke-0 yang pertama, kemudian melakukan perulangan jika menyentuh mangkuk, maka suara pop akan berbunyi. Baru pergi ke posisi sembarang dan atur y ke posisi 150. Kedelapan, menjalankan dengan menekan gambar bendera warna hijau dan bila ingin menghentikan bisa menekan tombol segi delapan warna merah.
Kelebihan aplikasi ini adalah ada banyak pilihan gambar dan latar di dalam perpustakaannya, terdapat audio dan dapat merekam suara, terdapat pilihan bahasa, tampilannya mudah dipahami, dapat digunakan untuk membuat cerita, game, karya seni dan aplikasinya user-friendly. Sedangkan kelemahannya adalah gambar atau latar kurang lengkap, orang yang jarang menggunakan akan kesulitan, membuat komputer atau HP menjadi lemot.

Baca juga:  Apersepsi Menggugah Siswa saat Pandemi

Harapan ke depan untuk aplikasi scratch dikembangkan lagi untuk mata pelajaran yang lain seperti matematika, fisika, dan lainnya. Dalam pembelajarannya, aplikasi ini membutuhkan pengetahuan, keterampilan dan kreativitas bidang grafis dan logika. Materi banyak diambil dari mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) dan matematika. Sehingga kemunculan mata pelajaran TIK sangat diharapkan, karena mapel tersebut mendukung mapel Prakarya dan Kewirausahaan serta mapel-mapel yang lainnya. (pg2/ida)

Guru Prakarya dan Kewirausahaan SMAN 1 Bergas, Kabupaten Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya