alexametrics

Pentingnya Media sebagai Alat Pendukung Pembelajaran

Oleh : Endang Sulistyaningsih, S.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dalam proses belajar mengajar, kehadiran alat/media mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut, ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Namun, meskipun begitu pentingnya alat/media bagi tercapainya tujuan pendidikan, masih banyak dijumpai lembaga-lembaga pendidikan yang kurang mementingkan suatu alat/media tersebut.

Terbukti banyak ditemukan kasus pendidik yang tidak mempergunakan media sesuai dengan bahan yang diajarkan contoh dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Peserta didik mengalami banyak kesulitan dalam menyerap dan memahami pelajaran yang disampaikan, pendidik kesulitan menyampaikan bahan pelajaran, banyak peserta didik yang merasa bosan terhadap pelajaran pendidikan agama Islam.
Permasalahan ini juga terjadi di SDN 03 Sengare kelas 5 SDN 03 Singare Kecamatan Talun, pada materi Kisah Keteladanan Nabi. Yang kesekian kali siswa tidak banyak yang tidak memperhatikan pelajaran.

Baca juga:  Belajar PPKn Menyenangkan dengan Media Video Pembelajaran

Selain penulis menerapkan metode supaya siswa tidak bosan dalam menerima pelajaran. Sebagai penambah menarik pembelajaran penulis menambah media pembelajaran pendidikan agama Islam, harus dilakukan cara yang tepat dan praktis yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sehingga dalam proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Selain hal tersebut pemilihan metode mengajar yang sesuai dengan media pembelajaran juga sangat penting karena akan berdampak pada tercapainya tujuan pembelajaran. Media pembelajaran pendidikan agama Islam dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yakni media yang bersifat materi dan media yang bersifat non-materi. Penyelenggaraan media pendidikan Islam harus mendasarkan kepada dua prinsip, yaitu: memudahkan dan tidak mempersulit, menggembirakan dan tidak menyusahkan. Dan peran media dalam proses komunikasi dalam proses belajar dan mengajar. Tidak itu saja ada beberapa manfaat media dalam PBM.

Baca juga:  Mudah Pahami Oksigen Hasil Fotosintesis dengan Percobaan Ingenhousz

Penggunaan media dalam pembelajaran merupakan salah satu alat pendukung dalam KBM. Adapun langkah-langkah atau skenario pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran adalah sebagai berikut: pertama kegiatan awal, di antaranya guru memberi salam, berdoa dan mengabsen siswa, guru memberikan motivasi kepada siswa agar rajin dalam belajar. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan diajarkan, menyiapkan media gambar yang akan diajarkan, menjelaskan sifat-sifat gambar yang akan diajarkan. Guru menjelaskan fungsi-fungsi objek gambar yang diajarkan, menjelaskan perbedaan objek-objek gambar yang akan diajarkan, memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan gambar yang telah diajarkan. Guru memberi kesempatan untuk menjelaskan fungsi-fungsi objek gambar yang diajarkan, memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas. Membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS), siswa mengerjakan LKS yang dibagikan, guru menilai hasil LKS yang dikerjakan siswa. Kedua, kegiatan akhir (penutup) yaitu guru bersama siswa menarik kesimpulan, guru memberikan nasihat.

Baca juga:  Peran Serta Kepala Sekolah di Masa Pandemi Covid 19

Penulis dalam setiap pembelajaran selalu menerapkan media. Perubahan yang signifikan terjadi pada peserta didik kelas 5, yaitu semakin bersemangat dalam belajar, semakin riang mengikuti penjelasan guru. Karena tujuan penggunaan media pembelajaran pendidikan agama Islam tersebut adalah supaya proses pembelajaran pendidikan agama Islam dapat berlangsung dengan baik. Dengan semangat yang tinggi, nilai siswa meningkat dan teraih tuntas. (ce3/lis)

Guru PAI SDN 03 Sengare, Kec. Talun, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya