alexametrics

Praktik Jual Beli melalui WA Group

Oleh : Ahmad Toha

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Berwirausaha bukan hanya dunianya orang dewasa, tetapi juga bisa menjadi bagian dari dunianya anak-anak. Anak-anak yang mengenal dunia wirausaha sejak dini, akan mendapati manfaat untuk bekal masa depan kelak. Pada tahapan usia dini, anak-anak yang belajar menumbuhkan pembelajaran wirausaha akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif.

Menurut psikolog anak, Dr. Seto Mulyadi (dalam Femina, No. 25/XXXVI.2008) bila ada seorang anak yang memiliki inisiatif untuk belajar berbisnis di usia dini, orang tua dan pendidik perlu memberi apresiasi gagasan itu.

Dalam rangka memupuk kewirausahaan sejak dini di Madrasah Ibtidaiyah kelas VI semester 2 terdapat materi “Jual Beli dalam Islam”, pada KD (3.1) memahami ketentuan jual beli, (4.1) Mensimulasikan jual beli yang halal. Pada materi ini meliputi pengertian jual beli, dasar hukum jual beli, rukun dan syarat jual beli, jual beli yang diperbolehkan dan dilarang. Mengingat materi yang begitu luas seringkali siswa kurang memahami. Sebagai guru di MI Miftahul Huda Kangkung penulis mencoba mencari solusi terbaik dengan praktik langsung melakukan jual beli memanfaatkan media online whatshapp.

Baca juga:  Menceritakan Gambar Berseri dengan Pertanyaan Terbimbing

Manfaat penggunaan metode praktik langsung menurut Niffa (2014) adalah: anak akan lebih mengaplikasikan materi yang disampaikan oleh guru, Anak mampu membuktikan dan mempercayai sebuah teori setelah ia melakukan praktik, anak menjadi tidak bingung dengan teori yang disampaikan, anak langsung dihadapkan dengan permasalahan yang nyata, keterampilan anak meningkat.

Sosial media marketing memang cukup efektif membantu strategi pemasaran untuk sebuah jual beli (bisnis). HP yang memiliki banyak fungsi, tidak hanya sebagai alat komunikasi saja tapi juga memuat banyak fungsi termasuk untuk fungsi promosi dan jual beli. Karena pembelajaran yang masih menggunakan Pembelajaran Jarak Jauh atau daring, maka dalam kesempatan ini penulis mengajak praktik jual beli dengan menggunakan group Whatshapp.

Baca juga:  Pengalaman Terbaik “Best Practice” Siswa sebagai Pelaku Usaha, Implementasi Kewirausahaan

Langkah-langkah yang penulis tempuh dalam jual beli melalui WA Group adalah: Pertama, mengarahkan supaya anak – anak membuat group di aplikasi wahatsapp dengan memasukkan jumlah anggota group sebanyak-banyaknya karena semakin banyak anggota maka semakin besar peluang konsumen untuk membeli barang-barang yang ditawarkan. dengan adanya pertemanan yang terjalin di aplikasi whatsapp juga akan mempermudah menawarkan produk yang ditawarkan. Kedua, mengganti foto profil dengan produk yang akan ditawarkan, hal ini karena sekaligus bisa digunakan sebagai media promosi produk yang akan dijual. Dengan rutin mengganti foto profil dengan produk yang akan dijual, maka semakin luas produk akan diketahui oleh para konsumen. Ketiga, supaya anak-anak menyiapkan produk atau barang yang akan dijual, dalam hal ini penulis sarankan menjual dengan produk lokal saja yang sudah tersedia dilingkungan masing-masing, seperti hasil pertanian maupun hasil kerajinan rumah tangga, misal: kacang tanah rebus, jagung rebus, kedelai rebus, ketela rebus, singkong rebus, gethuk, onde-onde, gelek, jongkong, meja, kursi, depan, sangkar burung, dll.

Baca juga:  Penggunaan Metode Praktik dalam Pembelajaran TIK pada Materi SAC

Setelah anak-anak melaksanakan praktik jual beli lewat group whatsapp baik group WA satu kelas maupun lewat group lain selama dua minggu semua siswa melaporkan bahwa produk dan barang yang ditawarkan banyak yang laku dan bisa mendapatkan uang meskipun tidak jumlah yang banyak. Hal ini menunjukkan begitu senang dan antusis anak dalam mengikuti praktik jual beli ini dan hal yang paling penting dan tak terlupakan adalah pengalaman dan pengetahuan yang sangat mendalam tertanam dalam diri anak. (lbs1/ton)

Guru Kelas VI MI Miftahul Huda, Kangkung, Mranggen, Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya