alexametrics

Belajar Konsep Reduksi – Oksidasi secara Mandiri dengan Chemondro Redoks

Oleh : Sunarti, S.Pd., M.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Media pembelajaran merupakan salah satu aspek yang menonjol dalam keberhasilan suatu proses pembelajaran (Krisnanto, 2008). Penggunaan media pembelajaran dapat dijadikan sebagai salah satu alternative untuk memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan atau isi pengajaran, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan siswa, sehingga dapat mendorong proses belajar mengajar (Ibrahim dan Syaodih, 2013).

Materi Redoks dalam mata pelajaran kimia merupakan salah satu materi yang sulit dipahami oleh siswa. Dalam materi ini perlu dipahami konsep rekasi reduksi dan oksidasi, bilangan oksidasi, unsur, muatan dan koefisien. Diperlukan media pembelajaran yang tepat sehingga kesulitan dalam mempelajari materi redoks dapat teratasi. Kesulitan siswa dalam mempelajari materi redoks juga penulis alami saat mengajarkan materi ini di kelas X TKJ-1 SMK Negeri 5 Semarang tahun pelajaran 2020-2021. Kesulitan ini dapat dianalisa dari hasil pekerjaan siswa dalam tugas mandiri yang masih banyak kesalahan pemahaman konsep.

Baca juga:  Video Pembelajaran Gairahkan Motivasi Belajar IPA

Penggunaan media pembelajaran berbantuan teknologi digital terbaru, seperti media pembelajaran berbasis perangkat smartphone/android merupakan salah satu gaya belajar abad 21 yang saat ini sedang menjadi sorotan. Selain melatih kemandirian siswa dalam PJJ, media digital juga dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang memudahkan siswa memahami materi. Sebagai seorang guru kimia kita harus bisa memilih media pembelajaran yang sesuai agar siswa mudah memahami materi yang diberikan. Penulis memilih media pembelajaran berbasis smartphone sistem operasi android. Perangkat ini sangat bagus untuk memfasilitasi tercapainya pembelajaran mandiri karena dapat diakses secara mudah, dimana saja dan kapan saja. Salah satu media ini adalah Chemondro. Chemondro dapat dikatakan singkatan dari ChemOnDro atau Chemistry On Android. Chemondro merupakan media pembelajaran kimia yang berisi materi, animasi, contoh soal, dan permainan edukasi yang terdiri dari beberapa level. Media pembelajaran “Chemondro” merupakan software media pembelajaran kimia yang dapat dioperasikan menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android. berisi materi Konsep Reaksi Reduksi Oksidasi.

Baca juga:  Pohon literasi Mudahkan Siswa Pahami Materi Pluralitas Masyarakat Indonesia

Chemondro Redoks dapat diunduh di perangkat Android dengan versi 4.0 ke atas. Aplikasi android ChemOnDro-Redoks dikembangkan oleh Centimole Kimia UNY: Sugiyarto – Jaslin yang tercantum dalam kategori Pendidikan dengan versi terbaru yang dioptimalkan sangat cocok untuk berbagai perangkat. Tinggal unduh gratis aplikasi langsung dari google playstore tanpa registrasi dan tidak perlu login. Dalam aplikasi ini terdapat enam fitur/level, yakni profil, petunjuk, kompetensi, materi, evaluasi dan nilai evaluasi. Siswa dapat menjelajah masing-masing fitur sesuai kebutuhan. Contoh, dalam fitur materi terdapat penjelasan lengkap tentang konsep reaksi reduksi, oksidasi, redoks, bilangan oksidasi sampai penyetaraan reaksi redoks, mulai dari teori, gambar bahkan sampai animasi. Dalam fitur evaluasi, siswa dapat mengerjakan soal melalui permainan yang menyenangkan, dan dapat melihat hasil nilainya.

Baca juga:  Charta Tingkatkan Motivasi Belajar Sistem Organisasi Kehidupan

Melalui Chemondro Redoks diharapkan siswa mudah memahami konsep redoks secara mandiri. Selain itu juga membantu guru dalam PJJ karena pembelajaran berbasis android ini efektif dan mendukung aktivitas dan kemandirian siswa dalam pembelajaran jarak jauh. (lbs1/ton)

Guru Kimia SMK Negeri 5 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya