alexametrics

Supervisi Kepsek Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Oleh: Ismadi, S.Pd I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah kepala sekolah (Jelantik, A. K. (2015). Berdasarkan pendapat tersebut, kemampuan kepala sekolah (Kepsek) dalam melaksanakan tugasnya menjadi faktor penentu keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Salah satu tugas seorang kepala sekolah adalah sebagai supervisor, dimana Kepala sekolah memiliki beban peran dan tanggungjawab memantau, membina, dan memperbaiki proses belajar mengajar di kelas atau di sekolah. Sebagai unsur pimpinan dalam sistem organisasi persekolahan, kepala sekolah berhadapan langsung guru sebagai unsur pelaksana proses belajar-mengajar. Dari konsep supervisi sebagai proses membantu guru guna memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan, terkandung makna bahwa kepala sekolah adalah supervisor yang membantu guru, secara individual atau kelompok, untuk memperbaiki pengajaran dan kurikulum guna meningkatkan kualitas pendidikan. Agar kepala sekolah berhasil dalam perbaikan pengajaran, maka kepala sekolah perlu memahami dan menggunakan model dan teknik yang dianggap tepat dalam melaksanakan supervisi.

Baca juga:  Audio Video Visual Tingkatkan Kemampuan Pidato

Terdapat beberapa macam model supervisi yang dipakai oleh kepala sekolah seperti yang diterapkan di SDN 2 Banyusri yaitu dengan menggunakan model supervisi klinis. Supervisi klinis adalah suatu model supervisi yang ditujukan untuk memperbaiki pembelajaran dengan melakukan pembinaan-pembinaan sesuai dengan kekurangan-kekurangan yang dilakukan oleh guru. Tujuan supervisi klinis adalah memperbaiki perilaku guru dalam pembelajaran dengan intensif agar peningkatan kualitas pendidikan dapat dicapai. Di SDN 2 Bnyusri sendiri supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah dengan menciptakan hubungan baik antara guru dan supervisor, merencanakan aspek perilaku yang akan diperbaiki pada sub bahasan tertentu, merencanakan strategis observasi, mengobservasi guru mengajar, menganalisis pembelajaran yang dilakukan oleh guru, merencanakan pertemuan dengan guru maupun orang tua siswa, guru diberi kesempatan menanggapi cara mengajamya sebelum dibahas secara bersama, dan membuat rencana baru bila aspek perilaku itu belum dapat diperbaiki dan mengulanggi dari langkah awal sampai akhir.

Baca juga:  Peningkatan Hasil Belajar Otomotif Melalui Think Square Share

Di samping itu, kepala sekolah harus memperhatikan teknik supervisi yang dipakai. Teknik supervisi yang dipakai di SDN 2 Banyusri adalah teknik individual. Dalam pelaksanaan supervisi dengan teknik individual , supervisi dilakukan kepala sekolah melalui observasi kelas yaitu kunjungan yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai supervisor untuk mengamati seorang guru yang sedang mengajar. Tujuannya agar mendapatkan data tentang sesuatu yang tarjadi dalam proses belajar mengajar, sebagai dasar kepala sekolah melakukan pembinaan terhadap guru. Hal yang perlu diperhatikan selama proses observasi kelas adalah suasana kelas, kesesuaian metode dengan materi pelajaran, penguasaan materi pelajaran, cara memotivasi siswa, perkembangan siswa dalam bentuk kognitif, afektif dan psikomotor serta aspek-aspek lain yang terkait dengan proses pembelajaran.

Baca juga:  Pengaruh Metode QSH, Pusatkan Perhatian Siswa dalam Belajar

Selanjutnya kepala sekolah perlu melakukan analisis terhadap hasil supervisi untuk menetapkan langkah pembinaan yang lebih tepat. Apakah pelaksanaan supervisi telah sesuai dengan program, apakah telah efektif, adakah hambatannya. Menganalisis hasil supervisi dapat dilakukan secara kuantitatif atau dengan cara kualitatif unruk mengetahui apakah program supervisi kepala sekolah berhasil atau tidak. Kemampuan berperan sebagai supervisor yang mengaplikasikan program supervisi harus dimiliki setiap kepala sekolah. Hal ini perlu diprioritaskan mengingat dengan dilakukannya supervisi oleh kepala sekolah, guru dapat merasakan kehadiran kepala sekolah sebagai supervisor merupakan mitra yang membantu meningkatakan kemampuan profesionalnya. Sehingga akan sangat berpengaruh terhadap meningkatnya kualitas pendidikan di SDN 2 Banyusri kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali. (gb1/zal)

Kepala SDN 2 Banyusri, Boyolali

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya