alexametrics

Pemanfaatan Media Gambar dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA

Oleh : Septi Linawati, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dalam belajar ilmu pengetahuan alam, siswa perlu dibelajarkan bagaimana berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain. Keahlian bekerja sama dalam kelompok sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Berdasarkan pengalaman penulis sebagai guru kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Wangandowo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan ditemukan hasil belajar siswa yang masih rendah pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, oleh karena itu penulis merasa tertarik untuk menulis artikel di Sekolah Dasar Negeri 3 Wangandowo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan tentang pemanfaatan Media Gambar dalam meningkatan hasil belajar siswa.

Di sinilah pentingnya kompetensi profesional guru dalam mewujudkan dan melaksanakan kurikulum, sehingga niat dan harapan dalam kurikulum potensial dapat dikuasai dan dimiliki anak didik. Secara umum kompetensi guru mengacu kepada empat hal, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi paedagogik, kompetensi profesional dan kompetansi sosial. Keempat kompetensi tersebut dijadikan landasan dalam rangka mengembangkan sistem pendidikan tenaga kependidikan. Tanpa adanya kompetensi tersebut, maka proses pembelajaran tidak akan mencapai target atau tujuan seperti yang diharapkan atau yang dirumuskan sebelumnya.

Baca juga:  Pembelajaran Kimia dengan Memanfaatkan Google Classroom

Guru bukan sekadar menyampaikan materi saja, tetapi lebih dari itu guru dapat dikatakan sebagai sentral pembelajaran. Untuk itu diperlukan suatu upaya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran. Salah satu upaya tersebut adalah dengan memilih strategi pembelajaran dan penggunaan media yang tepat dalam menyampaikan materi pelajaran agar diperoleh peningkatan hasil belaja siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Misalnya dengan membimbing siswa untuk bersama – sama terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan mampu membantu siswa berkembang sesuai dengan taraf intelektualnya.

Penulis mencoba menerapkan salah satu media pembelajaran, yaitu media gambar untuk mengungkapkan apakah dengan media ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Penulis memilih media pembelajaran ini untuk mengkondisikan siswa supaya terbiasa hidup berinteraksi dengan bermasyarakat.

Baca juga:  Menumbuhkan sikap Nasionalisme melalui Pendidikan Karakter

IPA merupakan suatu ilmu teoritis, akan tetapi teori tersebut didasarkan atas pengamatan, percobaan-percobaan pada gejala-gejala alam. Dengan demikian, media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan dari sumber pesan ke pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga perhatian, minat dan perasaan siswa dapat timbul secara baik. Secara lebih khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis atau elektronis untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.

Media gambar adalah media yang berupa gambar-gambar tanpa disertai dengan suara- suara. Media ini biasanya digunakan untuk pembelajaran pada semua aspek keterampilan berbahasa, termasuk keterampilan berbicara. Media gambar dibedakan menjadi dua yaitu media gambar diam dan media gambar gerak. Contoh adalah gambar ilustrasi, gambar pilihan, potongan gambar transparans, proyektor dan gambar kartun, dan lain-lain. Fungsi media gambar dalam proses belajar mengajar adalah untuk mengembangkan kemampuan gambar, mengembangkan imaginasi anak, membantu meningkatkan penguasaan anak terhadap hal-hal yang abstrak atau peristiwa yang tidak dapat dihadirkan di dalam kelas, mengembangkan kreativitas siswa. (pg3/ton)

Baca juga:  Memilih Aplikasi Pertemuan Online

Guru Kelas SD Negeri 03 Wangandowo Kec. Bojong, Kab.n Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya