alexametrics

Menumbuhkan Critical Thinking dalam Belajar IPA melalui PBL

Oleh : Atikah, S.Pd.I.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PADA masa pandemi, proses belajar mengajar (PBM) harus dilakukan jarak jauh untuk membantu memutus mata rantai penyebaran covid-19 mengingat sekolah/madrasah adalah tempat berkumpulnya orang dari berbagai daerah. Guru maupun siswa di MTs Negeri 1 Grobogan tidak hanya berasal dari sekitaran Grobogan saja, untuk itu diterapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pada PJJ, beberapa madrasah di Kementerian Agama menggunakan aplikasi E-Learning disamping pemanfaatan grup WA kelas. Pada pelaksanaanyanya banyak kendala seperti sering bermasalahnya sistem dan keterbatasan kecepatan jaringan yang digunakan, sehingga pembelajaran berjalan kurang efektif.

Belajar mengajar bukan hanya proses transfer ilmu pengetahuan yang mengukur ranah kognitif saja, namun juga harus memperhatikan perkembangan siswa pada ranah psikomotorik. Untuk itu beberapa strategi pembelajaran telah dicoba, namun reaksi siswa tidak seperti yang diharapkan. Minimnya interaksi berkomunikasi menjadi faktor penghambat dalam PJJ. Beberapa siswa yang antusis berkomunikasi dan bertanya hanya sedikit, untuk itu beberapa strategi pembelajaran pada saat PJJ perlu dicoba. Penugasan menjadi pilihan terbanyak pada PJJ karena tidak banyak memerlukan persiapan, namun hasil yang didapat kurang maksimal. PJJ sangat berdampak pada cara berpikir siswa yang maunya instan tanpa harus belajar dan proses lit erasi terlebih dahulu, untuk itu pemilihan model pembelajaran pada saat PJJ ini penting untuk menumbuhkan cara belajar dan cara berpikir siswa.

Baca juga:  Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Persuasi pada Siswa dengan Strategi Terbimbing

Banyak model pembelajaran yang dapat menumbuhkan pemahaman konsep dan cara berpikir siswa, salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Menurut Hmelo-Silver dalam Indri Anugraheni (2018, hal. 10) pembelajaran Problem Based Learning (pembelajaran berbasis masalah) adalah seperangkat model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai fokus untuk mengembangkan keterampilan pemecahkan masalah, materi, penguatan diri. Sependapat dengan Syahroni Ejin dalam Indri Anugraheni (2018, hal. 10) bahwa Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran dimana siswa dihadapka pada masalah kehidupan nyata (konekstual) dari lingkungan sehingga dapat memahami konsep dan berpikir kritis siswa.

Penulis mencoba menerapkan model pembelajaran PBL pada materi kelas VIII Sistem Transportasi pada Manusia untuk menumbuhkan critical thinking (berpikir kritis) siswa, critical thinking yang penulis harapkan adalah banyaknya pertanyaan atau keingintahuan siswa sebagai wujud terjadinya aktivitas dari PBM pada jarak jauh. PBL untuk menumbuhkan critical thinking ini penulis lakukan dengan mengajak siswa unuk melakukan pengamatan sederhana dengan bimbingan jarak jauh oleh guru. Permasalahan nyata (kontekstual) disini adalah pengamatan yang didesain sangat sederhana untuk menyelidiki perbedaan frekuensi denyut nadi masing-masing siswa pada saat sebelum dan sesudah beraktivitas.

Baca juga:  Belajar Pencemaran Lingkungan dengan Vidio 360ᶱ Berbasis Kontekstual

Dari hasil pengamatan menghasilkan respon baik dari siswa meskipun belum semua siswa menunjukkan antusisme yang sama, namun penulis merasakan bahwa interaksi dan komunikasi baik di E-Learning atau di gru WA menunjukkan peningkatan yang signifikan, hal ini ditunjukkan dari banyaknya pertanyaan dari siswa baik yang bertujuan untuk klarifikasi maupun konsultasi tentang tugas yang diberikan.

Pemilihan model pembelajaran pada PJJ harus variatif yang tentunya dengan memperhatikan beberapa faktor, baik kondisi siswa maupun karakteristik materi dari bahan ajar. Peran aktif siswa sebagai pusat pembelajaran harus selalu dijaga, sehingga mereka dapat merasakan adanya PBM layaknya pembelajaran tatap muka. Model pembelajaran yang dipilih hendaknya selain meningkatkan kemampuan kognitif siswa juga harus tetap mengasah keterampilan siswa terutama pada mata pelajaran IPA. Semoga masa pandemi ini segera berakhir sehingga kita dapat melakukan proses belajar mengajar di kelas dengan kondisi yang normal. (kb4/zal)

Baca juga:  Bamboo Dancing Tingkatkan Pembelajaran Describing Place

Guru IPA MTsN 1 Grobogan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya