alexametrics

Bermain Media Sosial Sambil Belajar Bisnis Online

Oleh: Idah Wahyuti, S. Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Modernisasi benar-benar telah mengubah kebiasaan manusia. Jika sebelumnya informasi tersebar hanya melalui media cetak dan elekronik, sekarang tersebar dengan cepat melalui internet khususnya media sosial. Siapa yang tidak mengenal media sosial. Hampir seluruh masyarakat di dunia menjadi pengguna media sosial. Demikian pula peserta didik di SMK Negeri 1 Ngablak, Kabupaten Magelang.

Perkembangan media sosial yang demikian pesat saat ini disebabkan oleh semua orang yang merasa seperti bisa “memiliki” media sendiri.

Menurut Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlein (2010:61) media sosial adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun dengan dasar-dasar ideologis Web 2.0 (yang merupakan platform dari evolusi media sosial) yang memungkinkan terjadinya penciptaan dan pertukaran dari user generated content. Manusia yang sudah modern seperti saat ini tidak dapat tidak terkena imbas dari media sosial. Bahkan tidak kita sadari bahwa media sosial dan segala kontennya sudah menjadi bagian dari hidup kita. Bahkan kita tidak dapat lepas dari media sosial setiap hari.

Baca juga:  Meningkatkan Keaktifan dan Ketrampilan Bertanya dengan Active Learning Card Sort

Media sosial didesain untuk memudahkan interaksi sosial yang bersifat interaktif atau dua arah. Media sosial adalah platform internet yang memungkinkan bagi individu untuk berbagi segera dan berkomunikasi secara terus-menerus dengan komunitasnya (Joyce Kasman Valenza, 2014).

Bagi orang yang menjalankan bisnis, media sosial merupakan suatu keharusan. Mengapa demikian? Karena untuk saat ini media sosial merupakan media yang efektif bagi pebisnis untuk mencapai tujuan. Media sosial dapat menjadi alat pemasaran yang efektif di dunia daring, tentunya jika didukung pengetahuan dan keahlian online, khususnya dalam hal-hal yang berkaitan dengan media sosial dalam membuat konten misalnya.

Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran tidak dapat terlepas dari penggunaan media sosial sebagai salah satu media untuk memasarkan produk secara daring. Demikian pula di SMK Negeri 1 Ngablak. Contoh dari media sosial anatara lain Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, Tiktok, Path, Pinterest, Linkedln, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Pembelajaran SCL Mendorong Siswa Mengembangkan Segenap Potensinya

Media sosial merupakan media tempat berkumpulnya calon pelanggan yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk menawarkan barang dagangannya. Siapa saja dapa memberikan komentar dan melakukan percakapan online (chatting). Bermain media sosial sangatlah menyenangkan karena kita bisa berinteraksi secara langsung dengan calon pelanggan maupun pelanggan.

Dalam media sosial dalam satu akun dapat berisi bermacam-macam topik. Sehingga tidak membosankan, mudah dibuat, cukup memiliki email dan media sosial, banyaknya media sosial yang dapat diakses dengan sangat mudah. Bahkan satu orang bisa menjadi anggota dari banyak sosial media. Dapat membuat grup dengan sangat mudah dan siapapun dapat menjadi adminnya.

Produk Anda dapat ditawarkan dalam halaman khusus, jika sudah terhubung dapat langsung melakukan online chat tidak perlu plugin atau code program untuk dapat chating. Mesin pencari terhubung dengan jaringan dalam media sosial, mudahnya prosedur penyebaran informasi disosial media. Pebisnis hanya perlu membuat artikel, tulisan ataupun video kemudian diposting di salah satu media sosial.

Baca juga:  Kembangkan Kreativitas Seni Lukis Peserta Didik dengan BMW

Dalam media sosial juga ada notifikasi kepada pengguna media sosial termasuk ketika ada postingan baru dari pebisnis, sehingga informasi dapat diketahui dengan segera. Jangkauan media sosial sangat luas, satu pesan yang sama dapat secara langsung tersampaikan ke banyak orang.

Melalui aktivitas bermain di berbagai macam media sosial ini peserta didik SMK dari Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran dapat sekaligus belajar melakukan promosi dan penjualan. Jadi mereka dapat meningkatkan kreativitas diri mereka melalui konten-konten digital yang menarik untuk diposting di media sosial dengan tujuan meningkatkan traffic penjualan. (pm1/lis)

Guru Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Ngablak, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya