alexametrics

Mengurangi Kejenuhan Siswa selama BDR dengan Antologi Puisi

Oleh : Tri Aristanti, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Karya sastra anak yang merupakan jenis bacaan cerita anak-anak berbentuk karya sastra yang ditulis untuk konsumsi anak-anak. Sebagaimana karya sastra pada umumnya, bacaan sastra imajinatif yang mampu menggambarkan dunia rekaan, menghadirkan pemahaman dan pengalaman keindahan tertentu.

Puisi merupakan salah satu jenis karya sastra yang paling sederhana dan mudah dipelajari oleh anak. Puisi adalah sebuah karya sastra hasil dari ungkapan dan perasaan seseorang dengan bahasa yang terikat irama, matra, rima, penyusunan lirik, dan bait. Kata – kata dalam puisi penuh makna dengan pilihan bahasa yang cukup indah. Dan kumpulan dari beberapa judul puisi disebut Antologi.

Selama BDR (Belajar dari Rumah) guru kelas V (lima) SD Negeri 03 Batursari Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan memberikan tugas kepada anak untuk membuat Antologi Puisi, dengan harapan dapat mengurangi tingkat kejenuhan ketika PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) di masa pandemi. Adanya wabah Covid-19 di belahan bumi, sistem pendidikan pun mulai mencari suatu inovasi untuk proses kegiatan belajar mengajar. Terlebih adanya Surat Edaran no. 4 tahun 2020 dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan pada tanggal 24 Maret 2020 yang menganjurkan seluruh kegiatan di institusi pendidikan harus jaga jarak dan seluruh penyampaian materi akan disampaikan di rumah masing-masing.

Baca juga:  Model Belajar Inkuiri Sukses Membangkitkan Semangat Belajar Siswa

Guru memberikan tugas kepada anak melalui Whatsapp Grup wali murid. Dengan bimbingan orang tua, anak mampu mengerjakan tugas dengan baik. Peran orang tua sangat diperlukan untuk proses pemebalajaran anak selama study from home ini, peran orang tua juga sangat diperlukan utuk memberikan edukasi kepada anak – anaknya yang masih belum bisa memahami tentang pandemi yang sedang mewabah untuk tetap berdiam diri di rumah agar tidak terlular dan menularkan wabah pandemi ini. Orang tua merasa pembelajaran di rumah sangat efektif untuk diterapkan namun bukan berarti pembelajaran di sekolah tidak lebih efektif dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran di rumah.

Kejenuhan akan muncul, ketika seorang guru tidak mampu menginovasi medel – model pembelajaran maupun penugasan kepada anak selama belajar dari rumah (BDR). Melalui Antologi Puisi siswa dapat menciptakan karya dimasa pandemi dan diharapkan mampu mengurangi kejenuhan selama belajar dari rumah (BDR). (gb1/ton)

Baca juga:  Belajar Tajwid dengan Metode Sang Dai Lik

Guru Kelas SD Negeri 03 Batursari, KecamatanTalun, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya