alexametrics

Kenali Beragam Teknologi Sederhana dengan CTL

Oleh : Nurtiyati, SPd.AUD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Anak sebagai generasi penerus bangsa secara tidak langsung memiliki tanggung jawab yang besar bagi keberlangsungan bangsanya. Anak perlu mendapatkan bekal bimbingan dan pengetahuan terutama anak usia ini atau TK guna mengembangkan kemampuan berpikir dan membentuk kepribadian yang tangguh dalam menghadapi tanggung jawab yang akan di pikulnya. Kemampuan berpikir dan berkepribadian pada anak sangat ditentukan oleh pengalaman anak sejak usia dini. Pengalaman menjadi modal penting dan menentukan bagi anak dalam pengembangan ke depan. Sikap dan sifat anak akan tumbuh dan tergantung pada yang dilihat dan diproleh oleh anak dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam lingkungan sekolah.

Anak usia dini perlu mendapatkan perhatian yang lebih dari semua pihak. Seorang anak secara alamiah dilahirkan dengan intelegensi yang bersumber dari otaknya. Fungsi otak akan bekerja secara maksimal ketika anak terbiasa interaksi dengan lingkungannya. Guru profesional diharapkan dapat menangkap fenomena yang terjadi pada anak terutama anak usia dini sebagai proses perkembangan. Guru sebaiknya mampu merencanakan dan menyiapkan model pembelajaran yang tepat agar perkembangan anak sesuai dengan harapan. Karena, model pembelajaran dapat mengarahkan agar tujuan pembelajaran tercapai.

Baca juga:  Bermain Sains Bisa Menumbuhkan Imajinasi Anak TK

Model pembelajaran menurut Joyce & Weil (1980: 4) adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain. Syaiful Sagala (2005: 175) turut mengemukakan bahwa model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar peserta didik untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan guru dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar. Model pembelajaran yang tepat salah satunya adalah Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning).

Elaine B. Johnson (2007:14) menjelaskan bahwa pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning) adalah sebuah sistem belajar yang didasarkan pada filosofi bahwa siswa mampu menyerap pelajaran apabila mereka menangkap makna dalam materi akademis yang mereka terima, dan mereka menangkap makna dalam tugas-tugas sekolah jika mereka bisa mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan dan pengalaman yang sudah mereka miliki sebelumnya. Umbara, (2006: 42) ikut menambahkan bahwa pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota masyarakat. Penulis sekaligus guru TK Pertiwi Susukan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang menerapkan model pembelajaran ini pada kompetensi dasar mengenal teknologi sederhana (peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll).

Baca juga:  Home Visit, Alternatif Kegiatan Pembelajaran AUD Masa Pandemi

Elaine B. Johnson (2007: 65-66) menjabarkan tentang komponen dalam pemanfaatan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning), yaitu Pertama. guru dapat membuat keterkaitan-keterkaitan yang bermakna antar materi pembelajaran. Kedua, melakukan pekerjaan yang berarti. Ketiga, guru mendampingi anak agar anak melakukan pembelajaran yang diatur sendiri. Langkah selanjutnya adalah bekerja sama, berpikir kritis dan kreatif. Pembelajaran ini membantu individu untuk tumbuh dan berkembang dan mencapai standar yang tinggi. Komponen terakhir adalah menggunakan penilaian otentik.

Pada praktek penerapannya, anak didik sangat antusias dan mencoba untuk berpikir secara mendalam dan kontekstual. Penulis merasakan adanya peningkatan minat dan motivasi anak dalam mengikuti proses pembelajaran. (gb1/ton)

Guru TK Pertiwi Susukan Kec. Comal, Kab. Pemalang

Baca juga:  Asyiknya Belajar IPA di Hutan Sekolah

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya