alexametrics

Movie Maker Membuat Materi Kerja Sama Ekonomi Internasional lebih Asyik

Oleh: Warsinita, S.E

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KERJA sama ekonomi Internasional merupakan suatu kerja sama dalam bidang ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain yang saling menguntungkan. Kerja sama ini dapat melibatkan dua negara saja maupun lebih. Kerjasama ekonomi internasional ini memiliki dampak yang sangat penting bagi kemajuan negara. Pada pelajaran Ekonomi materi tentang Kerja Sama Ekonomi Internasional disampaikan di kelas XI. Untuk menguasai dan memahami materi ini cenderung lebih menekankan pada hafalan, sehingga menuntut peserta didik untuk sering membaca dan berusaha memahami materi tersebut dengan mengulang-ulang materi itu kembali.

Penulis menggunakan model pembelajaran yang sesuai yaitu Project Based Learning. Dengan menggunakan model Project Based Learning diharapkan peserta didik akan lebih kreatif dan inovatif dalam berkarya serta lebih interaktif antar teman sehingga pembelajaran menjadi tidak membosankan bahkan menjadi lebih asyik dan menarik.

Dalam modul implementasi kurikulum 2013 dijelaskan bahwa Project Based Learning adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/ kegiatan sebagai inti pembelajaran. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintetis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk belajar. Sedangkan menurut Sugihartono, DKK (2015: 84) mengungkapkan model proyek adalah model pembelajaran berupa penyajian kepada peserta didik materi pelajaran yang bertitik tolak dari suatu masalah yang selanjutnya dibahas dari berbagai sisi yang relevan sehingga diperolah pemecahan secara menyeluruh dan bermakna. Model ini memberi kesempatan peserta didik untuk menganalis suatu masalah dari sudut pandang peserta didik sesuai dengan minat dan bakatnya.

Baca juga:  Efektivitas Variasi Dua Model Pembelajaran di Masa Pandemi

Langkah -langkah dalam pembelajaran dengan model Project Based learning adalah merancang deskripsi proyek, mengidentifikasi masalah, membuat desain dan jadwal pelaksanaan proyek, melaksanakan penelitian, menyusun draf produk, mengukur, Menilai, dan memperbaiki produk, finalisasi dan publikasi produk, serta menilai, memberikan penguatan, masukan, dan saran perbaikan atas produk yang telah dihasilkan peserta didik.

Movie maker adalah program atau software pengolah video yang bawaan dari windows XP. Movie maker terinstal sewaktu anda mengistall windows xp secara otomatis. Movie maker merupakan program video editing yang handal. Hal ini tidak terlepas dari kemudahan dalam penggunaannya, baik itu yang pemula dan menengah, dikarenakan dukungan dari microsoft yang menyediakan update dan fitur tambahan di website mereka.

Baca juga:  Mudahkan Siswa Pahami Aljabar dengan Media Daun

Dalam pembelajaran tersebut, guru dan peserta didik merancang kegiatan proyek membuat video yang akan dikerjakan, pertama peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 peserta didik, masing-masing kelompok diberi tema materi yang berbeda dan diberi kesempatan untuk berdiskusi merancang tugas yang akan dikerjakan sekaligus pembagian tugas antar anggota kelompok, dalam pembuatan video menggunakan aplikasi movie maker dan selama proses pembuatan video tiap kelompok wajib membuat data serta berkonsultasi dengan guru supaya tugas proyek menjadi lebih maksimal, dalam pembuatan video tersebut diberi waktu selama 2 minggu, masing-masing kelompok diberi kebebasan berkreasi dalam pembuatan video tersebut sesuai dengan tema masing- masing. Setelah tugas proyek selesai masing-masing kelompok mempresentasikan hasil proyeknya secara online lewat video conference, teman dari kelompok yang lain dapat memberikan pertanyaan dan saran, kemudian diakhir presentasi guru dapat memberikan feedback untuk presentasi yang disampaikan.

Baca juga:  Make A Match Membuat Pembelajaran Semakin Asyik

Dari hasil pembelajaran tersebut terlihat peserta didik sangat antusias membuat materi menggunakan aplikasi movie maker, karena mereka dapat belajar memanfaatkan aplikasi tersebut dalam pembelajaran, selain itu kerja sama antar peserta didik semakin terlihat lebih komunikatif. Hasil proyek video akan menjadi lebih kreatif dan menarik. Seperti yang diterapkan di SMAN 7 Surakarta. (kb4/zal)

Guru SMAN 7 Surakarta

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya