alexametrics

Belajar Matematika Semakin Menyenangkan dengan Aplikasi Math Games

Oleh : Tri Agus Subagyo, S.Pd.SD.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mata pelajaran matematika pada umumnya bagi siswa sekolah dasar adalah mata pelajaran yang paling sulit. Hal itu dibuktikan dengan nilai rata-rata ujian atau ulangan semester siswa yang selalu lebih rendah dibanding mata pelajaran lain. Guru hendaknya memiliki kreativitas dalam melakukan proses pembelajaran agar siswa tidak mengalami kejenuhan dan tetap semangat dalam belajarnya. Rasa jenuh dan malasnya siswa dalam belajar matematika akan memunculkan rasa tidak suka bahkan antipati, yang mengakibatkan sulitnya matematika tidak terpecahkan.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, penulis di kelas VI SD Negeri 01 Purworejo menerapkan teknik belajar sambil bermain dengan menggunakan aplikasi android math game. Game dapat membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa, karena usia SD disebut juga usia bermain. Menurut Campbell (2006:92) permainan dalam mengajar didasarkan pada upaya penyokongan nilai. John Dewey menjelaskan bahwa permainan bagian integral dalam pendidikan yang diajarkan di sekolah sejak permainan itu disediakan secara aktif dan menjadi pengalaman pembelajaran yang positif.

Baca juga:  Pembelajaran Materi Sistem EFI Lebih Mudah dengan Media EFI Scanner

Pada masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) seperti saat sekarang ini siswa sudah terbiasa menggunakan hand phone andoid dengan berbagai macam aplikasi untuk belajar. Aplikasi math games adalah aplikasi permainan dengan konsep matematika. Jadi dalam game-nya siswa diminta bermain dengan angka. Nah angka-angka tersebut berkaitan dengan operasi hitung dalam matematika mulai dari pertambahan, pengurangan, perkalian, pembagian sampai akar kuadrat.

Adapun langkah pembelajaran melalui whatsapp grup adalah siswa diminta mengunduh dan menginstal aplikasi math games (14 MB), selanjutnya guru memberikan petunjuk dan bimbingan cara bermain math games karena menggunakan Bahasa Inggris. Setelah dibuka maka muncul tiga menu yaitu one player, two players dan online. Jadi game ini dapat dimainkan secara offline maupun online oleh satu atau dua orang siswa. Pada awalnya kita gunakan menu one player dulu, menu kalkulator untuk belajar mengasah kemampuan operasi hitung seperti layaknya kalkulator dengan durasi sekitar tujuh detik, kemudian menu what’s the sign untuk menentukan jenis operasi hitung dari soal matematika yang ditampilkan di layar. Selanjutnya untuk menu-menu yang lain siswa dipersilakan melakukan eksplorasi dan belajar sendiri sesuai minat dan kebutuhan materi pelajaran kelas VI.

Baca juga:  Model Pembelajaran Make A Match Solusi saat PTM Terbatas

Dari hasil pembelajaran matematika dengan math games, dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan matematika khususnya dalam berhitung dengan perasaan yang menyenangkan apalagi ditambah alunan musik latar belakang yang dapat merangsang kemampuan otak. Menjadi tantangan bagi siswa karena pada saat yang sama siswa dapat melihat hasil, siswa berusaha meningkatkan dan juga dapat membandingkan skor dengan pemain-pemain dari seluruh dunia. Siswa juga dapat mengkonfigurasi permainan seperti yang diinginkan atau memiliki lebih banyak kesulitan dari berbagai macam bentuk operasi hitung. Praktik selama 45-60 menit sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Bermain dengan teman lain dua mode pemain bersaing secara online terhadap orang-orang dari seluruh dunia.

Baca juga:  Menjadi Guru Inspiratif untuk Meningkatkan Belajar Matematika

Perlu diperhatikan bahwa dalam penggunaan media aplikasi math games ini siswa perlu pendampingan atau pengawasan dari orang yang lebih dewasa agar anak tidak menjadi lupa waktu dan aktivitas fisik maupun sosial, sekaligus mendapat perhatian dan penguatan dari orang tua atau kakaknya. (ti2/ton)

Guru SD Negeri 01 Purworejo, Sragi Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya