alexametrics

Video sebagai Alternatif Pembelajaran Praktik Larutan Asam Basa

Oleh Sri Rahayu, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SITUASI pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran tatap muka ditiadakan. Pembelaran jarak jauh (PJJ) sebagai penganti belajar tatap muka dilakukan baik secara daring maupun luring. Namun PJJ menimbulkan berbagai macam kendala dan permasalahan. Salah satu contoh permasalahan yang timbul yaitu pembelajaran materi yang menuntut praktik di laboratorium. Pada mata pelajaran kimia jenjang SMK pembelajaran materi yang menuntut praktik di laboratorium antara lain praktik larutan asam basa.

Mata Pelajaran kimia berorientasi pada kemampuan aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli terhadap lingkungan serta bertanggung jawab. Melalui pembelajaran praktek larutan asam basa, siswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman langsung, sehingga dapat menambah kekuatan untuk menerima, menyimpan, dan menerapkan konsep yang telah dipelajarinya. Siswa dilatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai konsep yang dipelajari secara menyeluruh (holistik), bermakna, autentik, dan aktif.

Baca juga:  Lingkar Terpilih Strategi dalam Pembelajaran Tematik

Belajar merupakan proses komunikasi antara guru dengan siswa serta antar siswa itu sendiri. Dalam proses komunikasi diperlukan media agar proses komunikasi tersebut berlangsung secara efektif. Menurut Kustiono (2008) media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar.
Dalam standart proses pembelajaran media pembelajaran adalah alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran. Media pembelajaran harus dirancang, disusun, dibuat, dan disiapkan sedemikian rupa oleh guru sehingga dapat digunakan secara efektif dan efisien sesuai dengan fungsinya. Oleh karena itu, media yang digunakan dalam suatu proses pembelajaran merupakan suatu karya dan digolongkan sebagii teknologi dalam pembelajaran.

Baca juga:  Penggunaan Alat Peraga Model Molekul Mempermudah Siswa Pahami Kimia

Berdasarkan muatan pesan yang dikandungnya, menurut Haney and Ullmer dalam Kustiono (2008) media pembelajaran bentuk video masuk dalam taksonomi media penyaji atau visual yaitu media yang mampu menyajikan informasi, yang berupa gambar hidup atau audio visual. Media video digunakan untuk memvisualisasikan hal-hal yang bersifat prosedural atau praktek yang harus diamati secara langsung. Media video memiliki keunggulan mudah dibuat dan mudah dalam penggunaannya. Dengan demikian media video dipandang praktis dalam menyampaikan materi praktik menjadi nyata sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman belajar nyata.

Berdasarkan uraian di atas sebelum melakukan proses belajar mengajar, seorang guru harus melakukan perencanaan pembelajaran antara lain menentukan media pembelajaran yang cocok dengan materi pelajaran, kemampuan siswa, dan mudah dalam pengunaanya agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik. Begitu pula dengan pembelajaran kimia akan dapat berjalan sesuai harapan jika guru dapat memilih media yang tepat sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung.

Baca juga:  Peningkatan Kompetensi Guru SMK melalui PPG dalam Jabatan

Di SMK Negeri 1 Sragi kabupaten Pekalongan media video dipilih sebagai alternatif pembelajaran materi praktek larutan asam basa pada saat PJJ. Melalui video praktik larutan asam basa tersebut siswa dapat mengamati secara langsung langkah-langkah praktik secara detail dan dapat memperoleh pengalaman nyata walaupun secara virtual, selain itu video yang diterima siswa dapat diputar berulang-ulang sehingga siswa yang belum jelas dapat mengulangi lagi dengan mudah. Dengan demikian pembelajaran praktek larutan asam basa yang harusnya dilakukan di laboratorium diyakini dapat digantikan melalui media video dalam pembelajaran PJJ. (pg1/zal)

Guru SMKN 1 Sragi, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya