alexametrics

Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Picture And Picture

Oleh: Sri Hartati,S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MOTIVASI adalah suatu kondisi yang mendorong seseorang untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertetntu. Siswa yang termotivasi untuk belajar sesuatu akan menggunakan proses kognitif yang lebih tinggi dalam mempelajari sebuah materi, sehingga siswa itu akan menyerap dan mengendapkan materi itu dengan lebih baik (Nur, 2001: 3). Sedangkan prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa dengan melibatkan seluruh potensi yang dimilikinya setelah siswa itu melakukan kegiatan belajar.

Dalam pembelajaran dua komponen tersebut diatas sangatlah berpengaruh satu sama lain. Jika motivasi belajar siswa tinggi maka sepatutnya prestasi belajar juga tinggi. Namun agar hubungan kedua komponen tadi terwujud dengan baik harus didukung metode yang digunakan dalam proses pembelajaran. ketepatan metode akan menjadikan motivasi belajar yang tinggi mendapatkan fasilitas, sehingga kompetensi/materi yang diajarkan dapat terserap dengan baik.

Baca juga:  Doa Rosario bagi Siswa Katolik Secara Virtual

Salah satu tugas guru adalah merancanakan pelaksanaan pembelajaran. dalam perencanaan inilah guru harus menyusun rencana pembelajaran yang menarik,menyenangkan dan bermakna sehingga materi pembelajaran dipahami oleh siswa. Salah satu Model Pembelajaran Kooperatif yang dapat digunakan dalam pembelajran IPA adalah model Picture and picture. Dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 02 Badak saat penggunaaan model pembelajaran ini terbukti dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Suprijono (dalam Huda 2014: 236) mengemukakan, “Picture and picture ¬merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Gambar-gambar ini menjadi perangkat utama dalam proses pembelajaran” . Proses Pembelajaran dilaksanakan dengan menyajikan gambar-gambar yang berhubungan dengan materi IPA yakni macam-macam energi dan hubungannya. Gambar yang banyak dan bervariasi membuat siswa tertarik. Apalagi gambar tersebut sangat akrab dimata siswa, karena materi IPA yang dipelajari di sekolah dasar sangat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan benda-benda disekitar siswa tinggal

Baca juga:  Pembelajaran Materi Transformasi, Menyenangkan dengan Power Point Interaktif

Langkah langkah pembelajaran yang ditempuh dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif picture and picture adalah sebagai berikut : Pertama, Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, kedua guru menyajikan materi pengantar, ketiga guru menunjukkan / memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan materi pembelajaran, keempat siswa memasangkan /mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis dengan memberikan alasan / dasar pemikirannya, kelima guru menanamkan konsep/materi berdasarkan alasan / dasar pemikiran siswa yang disesuaikan dengan kompetensi yang ingin dicapai. keenam Siswa dengan bimbingan guru menarik kesimpulan .

Materi yang diajarkan dan gambar yang disajikan dibuat sedemikian rupa sehingga siswa tertarik dan memahami maksud yang terkandung didalam gambar, sehingga siswa merasa sudah mengetahui dan memahami materi yang dipelajari. Dengan keadaan tersebut membuat siswa lebih berani mengungkapkan pendapat sehingga pembelajaran lebih hidup dan bermakna.

Baca juga:  Melatih Siswa Berpikir Kritis melalui Model Demonstrasi Bisu

Namun Model pembelajaran ini tidak dapat diterapkan pada semua mata pelajaran ataupun semua kompetensi. Model pembelajaran ini juga membutuhkan persiapan dan kreatifitas dari guru dalam menyiapkan gambar, materi dan skenario pembelajaran yang tentunya memakan waktu yang tidak sedikit. namun kretaifitas dan persiapan yang optimal akan menghasilkan pencapaian tujuan pembelajaran yang optimal sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa. (pg1/zal)

Guru SDN 02 Badak Belik Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya