alexametrics

Wujudkan Harapan Menjadi Kepala Sekolah yang Berkarakter

Oleh : Hartono, S.Pd.I., M.M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kepala sekolah adalah tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah di mana diselenggarakan proses belajar mengajar, atau tempat di mana terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran, Wahjosumidjo (2002:83).

Penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas sangat terkait dengan keberhasilan peningkatan kompetensi dan profesionalisme pendidikan dan tenaga kependidikan (PTK) tanpa mengabaikan faktor-faktor lainnya. Seperti sarana dan prasarana serta pembiayaan kepala sekolah yang merupakan salah satu PTK yang posisinya memegang peran penting sangat signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah.

Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh peran kepemimpinan kepala sekolah. Karena kepala sekolah sebagai pemimpin di lembaganya, maka harus mampu membawa lembaga ke arah tercapainya tujuan yang telah ditentukan. Penulis berharap semua peserta didik di SD 02 Pekirinaganalit, para dewan guru dan staf supaya dapat mematuhi aturan sekolah yang sudah ditetapkan. Beberapa kali pada setiap pendapat atau peraturan tertulis sering dilanggar guru dan siswa. Akhirnya berdampak pada faktor penghambat tercapainya kualitas mutu sekolah. Disebabkan kepemimpinan kepala sekolah yang kurangnya memberikan motivasi dan semangat serta kurangnya disiplin dalam melakukan tugas.

Baca juga:  Evadikan Ampuh Memantau Pembelajaran Daring

Maka penulis introspeksi diri untuk mengubah kebiasaan buruk, supaya bisa memberikan contoh kepada guru, siswa dan staf TU. Karena keberhasilan sekolah tidak bisa dicapai oleh kepala sekolah seorang diri. Ibarat sepak bola tidak bisa seorang pemain bermain dan berlari seorang diri di tengah lapangan untuk memenangkan pertandingan. Ia harus terbuka dengan bersikap kolaboratif, bekerja sama dengan seluruh elemen sekolah termasuk guru-guru dan orang-orang tua siswa (Abdul Mu’ti).

Kepala sekolah juga harus bersikap otoritatif. Ia harus bisa mengambil keputusan yang tegas namun membawa kemaslahatan untuk kemajuan sekolah. Dengan mempelajari dan menerapkan hal-hal dari ciri-ciri kepala sekolah yang berkarakter antara lain: Pertama, dipercaya, seorang kepala sekolah dapat dipercaya jika seseorang itu jujur ucapannya, benar tindakannya, tuntas dan berkualitas pekerjaannya.

Baca juga:  Menumbuhkan Motivasi dan Empati dalam Pembelajaran IPS Sejarah dengan Audiovisual

Kedua, menghormati. Ketiga, memelihara keadilan, seseorang kepala sekolah yang memelihara keadilan akan mengutamakan kepentingan negara, bangsa, orang banyak di atas kepentingan pribadi dan atau kepentingan kelompok. Keempat, peduli, seseorang yang peduli akan selalu penuh perhatian terhadap keberadaan orang lain. Perilaku dari orang yang peduli : menunjukkan kebaikan hati kepada sesama, empati dan merasa terharu terhadap penderitaan orang lain. Kelima, bertanggung jawab. Seseorang disebut bertanggung jawab jika dapat mengendalikan diri dari sesusatu yang merugikan.

Setelah penulis menegaskan aturan, melakukan pembinaan secara tegas, pada peserta didik, guru dan staf, dengan kesadaran dan keikhlasan mereka mengubah sikap dan mematuhi peraturan baik secara lisan dan tertulis. Sebab mereka adalah bagian dari proses pendidikan.

Baca juga:  Strategi Debat Slow Motion, Tingkatkan Keterampilan Berbicara dan Berpikir Kritis

Pembinaan bagi guru-guru dan siswa dan karyawan TU ini kemudian menjadi bagian penting untuk membangun pendidikan melalui peran serta SDM pendidikan yang berkarakter pula. (ce2.3/lis)

Kepala SDN 02 Pekiringanalit, Kec. Kajen, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya