alexametrics

Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Efektif dengan Metode Demonstrasi

Oleh : Fitrotun S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA kerap dianggap pelajaran yang sulit, karena sudah ada warisan turun temurun dari kakak kelas, teman, saudara, atau bahkan orang tua tentang sulitnya belajar matematika. Apalagi matematika dianggap momok karena banyak rumus yang harus dihapal dan diingat. Itu yang menciutkan nyali dari sebagian peserta didik. Termasuk salah satu materi matematika SMP kelas IX yang dianggap sulit adalah Bangun Ruang Sisi lengkung.

Bangun ruang sisi lengkung merupakan bangun ruang yang mempunyai sisi lengkung. Sisi lengkung adalah sisi yang membentuk lengkungan kurva. Bangun ruang sisi lengkung biasanya memiliki sebuah selimut ataupun permukaan bidang, yaitu tabung, kerucut dan bola. Dalam proses pembelajaran, banyak peserta didik yang masih kesulitan dalam memahami simbol-simbol dan rumus-rumusnya. Nah untuk membuat pembelajaran matematika itu menjadi tidak sulit, guru harus bisa memilih metode yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan.

Baca juga:  Senangnya Belajar Matematika dengan Depok

Pembelajaran Bangun Ruang Sisi lengkung menjelaskan tentang unsur-unsur, rumus-rumus luas permukaan serta volume dari tabung, kerucut, dan bola. Untuk menjelaskan hal-hal tersebut agar mudah dipahami, sebaiknya disampaikan melalui metode demonstrasi. Yakni, metode yang paling sederhana dibandingkan dengan metode-metode mengajar lainnya. Metode ini lebih sesuai untuk mengajarkan gerakan-gerakan suatu proses maupun hal-hal yang bersifat rutin.

Metode demonstrasi merupakan metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi, atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya sekedar tiruan (Sanjaya, 2006: 52).

Menurut Muhibbin Syah (1995:208), metode demonstrasi adalah cara pembelajaran dengan memeragakan, mempertunjukkan, atau memperlihatkan sesuatu di hadapan murid di kelas atau di luar kelas. Dari uraian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa yang dimaksud metode pembelajaran demonstrasi dalam proses belajar mengajar adalah metode yang digunakan oleh guru atau orang luar yang sengaja didatangkan atau peserta didik, sekalipun untuk mempertunjukkan gerakan-gerakan atau suatu proses dengan prosedur yang benar disertai keterangan-keterangan kepada seluruh siswa.
Penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung bertujuan agar siswa mampu memahami unsur-unsur serta ukurannya dari tabung, kerucut dan bola. Dengan demonstrasi, peserta didik dapat mengamati bagian-bagian dari bangun tabung, kerucut, dan bola secara jelas, tidak hanya membayangkan. Karena dalam pembelajarannya, menggunakan alat peraga berupa tabung, kerucut, dan bola secara langsung dan diperagakan di depan siswa. Dengan memberikan gambaran yang jelas dan pengertian yang konkret tentang suatu proses keterampilan dalam menemukan unsur-unsur serta ukurannya dari bangun tersebut. Di SMPN 2 Paninggaran dalam pembelajaran kelas IX materi Bangun Ruang Sisi Lengkung menggunakan metode demonstrasi ternyata efektif. Terbukti, mampu meningkatnya nilai harian siswa. Metode demonstrasi merupakan salah satu metode pembelajaran berjenis pengalaman langsung, artinya siswa mengalaminya, mempraktikkan, berbuat sendiri, mengolah, dan merenungkan langsung apa yang dikerjakannya. (pg1/ida)

Baca juga:  Belajar Aktif dengan Resitasi melalui Google Clasroom

Guru Matematika SMPN 2 Paninggaran, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya