alexametrics

Metode Teka-Teki Silang Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS

Oleh : Hestin Nurhandayani S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PENGGUNAAN metode pembelajaran mempunyai pengaruh besar dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat akan berpengaruh terhadap minat belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Minat belajar yang tinggi akan membawa perasaan senang, sehingga materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dapat dipahami atau diserap oleh siswa.

Metode pembelajaran tersebut harus mampu mengikutsertakan semua siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, mampu mengembangkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Bahkan, dapat menumbuhkan minat belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa diharapkan meningkat.

Kenyataannya untuk mewujudkan proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan tidaklah mudah. Begitu pula yang terjadi pada pembelajaran IPS. Proses pembelajaran di dalam kelas hanya diarahkan kepada kemampuan anak untuk menghafal informasi dan tidak diarahkan untuk membangun dan mengembangkan karakter serta potensi yang dimiliki (Wina Sanjaya, 2008:1-2).

Baca juga:  Memilih Sekolah Tepat untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Pendekatan dalam pembelajaran masih terlalu didominasi peran guru (teacher oriented). Pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar aktif dalam pembelajaran di kelas. Penggunaan metode ceramah merupakan pilihan utama dalam pembelajaran.

Idealnya proses pembelajaran IPS dibutuhkan strategi yang tepat, yang dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMPN 2 Paninggaran pada pelajaran IPS, siswa cenderung diam dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hal itu karena guru kurang variasi dalam penggunaan metode. Akibatnya, siswa jenuh, kurang berminat dalam mengikuti pelajaran. Bahkan, sebagian siswa cenderung ramai dan tidak memperhatikan materi yang disampaikan guru. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dikembangkan strategi pembelajaran yang lebih menarik yang dapat menambah minat belajar siswa untuk mengikuti proses pembelajaran tanpa adanya keterpaksaan. Salah satu cara pembelajaran yang dianggap cocok untuk memecahkan permasalahan di atas adalah metode Teka-Teki Silang (TTS).

Baca juga:  Perpaduan PJJ, Pembejaran Berbasis Aktivitas di Masa Pandemi

Metode TTS merupakan sistem pembelajaran yang memberikan kesempatan pada siswa untuk mengingat pelajaran yang berlangsung baik secara individu maupun dengan bekerja sama. Teka-teki silang dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa meninggalkan esensi belajar yang sedang berlangsung (Hisyam Zaini, 2008: 71-72).

Adapun langkah-langkah metode TTS (Mel Silberman, 2005:246) sebagai berikut, mencurahkan gagasan beberapa istilah atau nama-nama kunci yang berkaitan dengan pelajaran yang telah disampaikan. Menyusun pertanyaan sederhana yang mencakup item-item sebanyak yang didapat. Menghitamkan kotak-kotak yang tidak diperlukan; membuat contoh-contoh item-item, pergunakan definisi pendek, kategori dan lawan kata; membagikan teka-teki kepada peserta didik, baik secara individual maupun secara kelompok atau tim; menentukan batasan waktu untuk menyelesaikan; menyerahkan hadiah kepada individu atau tim yang menang dengan benda yang bermanfaat.

Baca juga:  MaM Sebagai Solusi Pemahaman Konsep Pembelajaran IPS

Metode TTS merupakan salah satu metode pembelajaran aktif untuk mengingat materi pelajaran yang sedang berlangsung, baik secara individu maupun kelompok. Metode ini dapat dijadikan strategi pembelajaran yang asyik dan menyenangkan tanpa menghilangkan esensi belajar yang sedang berlangsung dan menumbuhkan minat belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa SMP N 2 Paninggaran meningkat. (pg1/ida)

Guru IPS SMPN 2 Paninggaran, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya