alexametrics

Asyiknya Belajar Describing an Animal dengan Fabulous Flag

Oleh : Ana Rahmawati Ningsih S.Pd M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KOSAKATA merupakan hal penting dalam mempelajari sebuah bahasa. Terlebih bahasa asing, seperti bahasa Inggris. Pada setiap proses pembelajaran bahasa Inggris, akan selalu ada penambahan kosakata. Tapi, siswa terkadang abai akan hal tersebut. Itulah yang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami suatu materi. Bahasa Inggris lain dengan bahasa Indonesia dan Jawa. Siswa menggunakan bahasa Indonesia dan Jawa dalam komunikasi mereka sehari-hari. Berbeda dengan bahasa Inggris. Siswa hanya menggunakan bahasa Inggris dalam proses pembelajaran dalam ruang kelas saja. Itu pun pada mata pelajaran bahasa Inggris. Tidak ayal, siswa mengalami kesulitan ketika siswa harus menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi lisan dan tulis.

Pada materi pembelajaran describing an animal, siswa diharuskan dapat mendiskripsikan binatang-binatang secara lisan dan tulis pada akhir pembelajaran. Tapi, siswa kesulitan dalam menyusun kalimat-kalimat efektif. Sebagian besar siswa hanya mampu mendiskripsikan nama, usia, dan warna binatang-binatang. Tidak dengan ciri fisik. Karena terhambat oleh penguasaan kosakata. Permasalahan lain yang sering terjadi, siswa tidak dilibatkan dalam proses pembelajaran di ruang kelas. Guru lebih dominan. Siswa hanya mengikuti perintah guru, seperti menerjemahkan bacaan describing an animal pada buku teks. Selain itu, guru menyuruh siswa untuk mengamati gambar-gambar binatang dalam buku teks tersebut. Selanjutnya, guru meminta siswa untuk mendiskripsikan. Hasil pekerjaan siswa dikumpulkan dan dinilai. Proses pembelajaran tersebut terkesan monoton. Siswa tidak dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran.

Baca juga:  Memahami Tata Cara Bersuci dari Hadas Kecil melalui Time Token

Siswa kelas 7 merupakan siswa pemula dalam belajar bahasa Inggris. Siswa cenderung bosan apabila setiap pertemuan hanya disuguhkan bacaan dan gambar-gambar dalam buku teks. Media gambar sebagai pembelajaran memang bagus jika guru dapat meramunya dengan baik. Menurut Sadiman Arief (2003:21), media gambar dapat membantu siswa untuk mengungkapkan informasi sehingga hubungan antar komponen terlihat lebih jelas. Siswa dapat mengembangkan kemampuan lisan dan tulis melalui media tersebut. Ditambah guru dapat mengkreasikan pembelajaran agar siswa terlibat aktif. Oleh karena itu, Melchor Bernardo dalam artikelnya yang berjudul 30 Get to Know You Games for Kids memperkenalkan sebuah metode pembelajaran berbasis game, Fabulous Flag.

Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode ini, pertama, guru meminta siswa mempersiapkan sebuah gambar atau foto binatang. Setelah itu, siswa mempersiapkan sebuah bendera berlatar warna kesukaan siswa. Bendera dapat berbentuk persegi panjang, bujur sangkar, atau segitiga. Gambar atau foto binatang ditempel pada bendera. Ini harus dilakukan siswa secara individu.
Kedua, guru meminta siswa untuk membentuk kelompok. Jumlah kelompok tergantung atas jumlah seluruh siswa dalam kelas. Ketiga, setiap anggota kelompok dapat memperlihatkan bendera mereka pada anggota kelompok yang lain. Keempat, satu persatu siswa dapat mendiskripsikan binatang yang tertempel pada bendera. Dari nama, usia, warna, sampai ciri fisik binatang tersebut. Siswa dapat menjelaskan kepada siswa yang ada dalam kelompok. Atau perwakilan siswa dalam satu kelompok menggambarkan bintang pada kelompok lain. Siswa atau kelompok lain dapat bertanya apabila mereka belum memahami apa yang sudah siswa atau kelompok jelaskan.

Baca juga:  Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Recount melalui Metode PaP

Ini merupakan metode jitu untuk pembelajaran bahasa Inggris pada materi describing an animal. Siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran. Selain itu, guru dapat melatih kemandirian karena siswa yang mempersiapkan bahan untuk belajar. Metode ini sudah diterapkan pada siswa kelas 7 semester 2 di SMP Negeri 3 Patebon. Dengan menggunakan metode ini, keterampilan berbicara siswa meningkat. Penguasaan kosakata juga berkembang dengan baik. (pg1/ida)

Guru Bahasa Inggris SMPN 3 Patebon, Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya