alexametrics

Penilaian Harian Mengasyikkan Layaknya Sebuah Game

Oleh : Nurul Hamidah, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Penilaian harian biasanya dilaksanakan dalam bentuk tes tertulis yang monoton. Namun dalam kondisi pembelajaran jarak jauh seperti ini, penilaian tertulis dalam selembar kertas, kecil kemungkinan untuk dilaksanakan. Guru perlu mencari ide apa yang bisa dilakukan agar tetap memperoleh hasil penilaian harian dalam masa pandemi seperti sekarang ini. Beberapa platform online gratis maupun berbayar dapat kita manfaatkan sebagai media penilaian harian yang menyenangkan salah satunya quizziz.

Langkah awal yang dilakukan adalah guru mendaftar akun di platform ini menggunakan alamat email yang sudah dimiliki. Terdapat pilihan mendaftar sebagai guru, siswa, ataukah business. Karena untuk kepentingan mengajar maka memilih sebagai guru, kemudian login. Setelah masuk dalam platform ini ternyata banyak menu yang bisa dimanfaatkan tidak hanya sebatas penilaian harian saja seperti menu pencarian, kuisku, hasil, kelas, pengaturan, meme, koleksi dan profil.

Baca juga:  Discovery Inquiry untuk Pembelajaran Daring

Pemanfaatkan quizziz dalam penilaian dilakukan dengan cara guru membuat soal dengan klik menu add new quiz. Kemudian ketiklah soal sesuai yang diinginkan, dapat berupa soal pilihan ganda, isian singkat, daftar ceklis, menjodohkan, benar salah atau uraian. Masing-masing soal dapat kita tentukan waktunya mulai dari 30 detik sampai dengan 180 detik. Jadi dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan soalnya. Untuk soal yang sulit dapat dibuat waktu yang lebih lama begitupun sebaliknya. Nah, ketika soal sudah siap kemudian masuk ke menu pengaturan. Ada pilihan untuk dikerjakan langsung saat ini dengan waktu tertentu atau untuk tugas yang dapat dibatasi waktunya misalnya tugas mulai hari ini pukul 09.00 sampai besok pagi pukul 10.00.

Awalnya ada keraguan, akankan aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk penilaian harian di kelas VI SDN Plana dengan latar belakang wilayah sinyal kurang stabil. Dengan berbagai pertimbangan, siswa-siswi diajak untuk mendaftar diri di platform ini menggunakan email yang mereka miliki/email orang tua mereka. Pendaftaran dipandu dengan memberikan video tutorial yang dikirimkan dengan WA agar mereka tidak salah mendaftarkan diri. Siswa diarahkan mendaftarkan sebagai siswa.

Baca juga:  Memahami Materi Menyusun Proposal Usaha melalui Metode TGT

Siswa sudah memiliki akun Quizziz. Ini menunjukkan bahwa kegiatan penilaian harian dapat segera dilaksanakan. Ketika guru sudah selesai membuat soal sesuai dengan kriteria yang diinginkan, hal yang dilakukan selanjutnya adalah membagikan link quizziz kepada siswa atau membagikan kode soal melalui WA group. Siswa dapat mulai mengerjakan hanya dengan klik link yang diberikan guru atau membuka quizziz dan memasukkan kode soal yang diberikan. Ketika dikerjakan, bentuk tampilan quizziz layaknya tampilan game. Tentunya hal ini menarik bagi mereka. Terdapat backsound yang membuat semangat, terdapat poin dan bonus jika siswa mengerjakan dengan benar dan waktu yang singkat serta diakhir akan muncul perolehan skor dan rangking yang mereka peroleh dari semua siswa yang telah mengerjakan. Siswa menjadi antusias dan berlomba-lomba untuk memperoleh bonus dan rangking tertinggi. Sisi positif lainnya adalah nilai siswa lebih meningkat dibandingkan penilaian harian sebelum menggunakan quizziz.

Baca juga:  Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika dengan Snowball Driling

Bagaimana cara guru mengontrol nilainya? Quizziz sudah menyediakan menu untuk kita mendownload hasil pekerjaan siswa dalam bentuk Worksheet MS. Excel. Worksheet ini berisi secara rinci mulai dari skor siswa, bonus yang diperoleh, peringkat siswa hingga HP apa yang siswa gunakan. (lbs1/ton)

Guru SDN Plana, Kab. Banyumas

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya