alexametrics

Pembelajaran Asyik : Materi Mengenal Negara ASEAN dengan Aplikasi Inshot

Oleh : Rokhmawati, S.Sos

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 berdampak pada semua aspek kehidupan, tak terkecuali bidang pendidikan. Salah satu perubahan paling kentara adalah kebijakan melaksanakan pembelajaran dari rumah. Kebijakan ini merekomendasikan para guru untuk melaksanakan pembelalajaran secara online atau pembelajaran jarak jauh.

Kebijakan Kemendikbud untuk melaksanakan pembelajaran online (e-learning atau
Sebagai implementasi kebijakan Kemendikbud, pembelajaran IPS pada kelas VIII SMP N 2 Wonopringgo materi Mengenal Negara-negara ASEAN juga dilaksanakan secara online dengan media aplikasi inshot. Inshot adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan dalam melakukan edit sebuah video ataupun foto. Dalam aplikasi inshot dapat mengedit suatu foto dan tanpa membuatnya menjadi storyboard seperti vivavidio.

Ada beberapa kendala yang dihadapi siswa dalam pembelajaran online dengan menggunakan Aplikasi Inshot. Kendala tersebut seperti : (1) jaringan koneksi internet kurang baik yang dialami oleh beberapa siswa pada area tempat tinggal dengan jaringan koneksi internet yang agak lemah; (2) beberapa siswa kehabisan pulsa/paket data terutama mereka yang memiliki latar belakang ekonomi kurang mampu; (3) kurang mengetahui aplikasi inshot; dan (4) sebagian siswa kurang percaya diri oleh karena pembelajaran online dilakukan dalam masa pandemi Covid-19 yang secara psikis berpengaruh terhadap kepercayaan diri mereka.

Baca juga:  Kabataku Tingkatkan Pemahaman Siswa Bilangan Bulat Campuran

Agar pembelajaran online tetap berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan pembelajaran, solusi yang ditempuh atas kendala pembelajaran online yang dihadapi siswa adalah: (1) beberapa siswa yang jaringan koneksi internetnya kurang baik dapat mencari area lain yang memiliki jaringan internet lebih baik dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19, atau berganti kartu prabayar yang memiliki jaringan lebih kuat di area tempat tinggal siswa, atau bisa juga proses pembelajaran dan pengiriman tugas menggunakan faslitas WhatsApp; (2) Dinas Pendidikan memberikan kuota atau paket data secara gratis kepada para siswa untuk digunakan dalam pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19; (3) belajar aplikasi Inshot agar siswa lebih kreatif dalam penyelesaian tugas- tugas yang diberikan (4) membangun rasa percaya diri siswa dengan pemberian semangat bahwa pandemi covid-19 akan segera berakhir dan tetap malakukan physical distancing, membiasakan cuci tangan dengan sabun, memakai masker jika terpaksa keluar rumah, tetap menjaga pola hidup sehat dan bersih.

Baca juga:  Belajar IPS melalui Science Edutainment Berbantuan Media Wordwall Game

Era digital, menuntut guru dan siswa dapat menguasai teknologi informasi, oleh karena itu, implementasi pembelajaran online merupakan sebuah keniscayaan yang perlu dilakukan guru sebagai opsi lain dari model pembelajaran langsung atau tatap muka. Agar dapat menerapkan pembelajaran online dengan Media Aplikasi inshot maupun media/platform lain, ada tiga kompetensi dasar yang perlu dimiliki oleh guru yaitu: (1) kemampuan untuk membuat desain isntruksional (instructional design) sesuai dengan kaidah pedagogis yang dituangkan dalam rencana pembelajaran; (2) penguasaan teknologi dalam pembelajaran, (3) penguasaan materi pembelajaran (subject matter).

Pandemi Covid-19 dapat dijadikan sebagai media dan instrumen refleksi bagi para guru untuk mengambil hikmah positif sebagai pemicu munculnya ide-ide kreatif dan inovatif guru dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi sikap, pengetahuan, keterampilan, maupun kecakapan hidup siswa. (bw2/ton)

Baca juga:  Pembelajaran Seni Budaya Efektif melalui Google Sites

Guru Mapel IPS SMP N 2 Wonopringgo Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya