alexametrics

Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan dengan Software Quizizz

Oleh: Dona Wijayanto, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dengan adanya pandemi Covid-19 ini, kelangsungan dunia pendidikan telah digambarkan dengan partisipasi teknologi. Tetapi teknologi tidak dapat menggantikan peran guru dan interaksi belajar antara pelajar dan pengajar. Sebab, edukasi bukan sekadar memperoleh pengetahuan, tetapi juga nilai, kerja sama, dan kompetensi. Dengan situasi seperti ini, setiap individu dituntut untuk berpikir cerdas dan berperilaku kreatif dalam menggunakan teknologi untuk mengembangkan dunia pendidikan. Hal ini menjadi poin penting agar dapat memastikan pembelajaran tetap tersampaikan dengan baik.

Salah satu keterampilan paling penting pada abad ini adalah self-directed learning atau pembelajaran mandiri sebagai outcome dari edukasi. Oleh karena itu, siswa dapat memanfaatkan kelas daring sebagai pembelajaran mandiri. Disamping itu, para guru juga harus memiliki kreativitas dalam memberikan materi pembelajaran yang mudah, efektif, dan menyenangkan.

Media pembelajaran yang monoton sering dilakukan guru karena kurangnya kreativitas yang dimiliki. Beberapa fakta di lapangan menunjukkan jika guru kurang optimal dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. Beberapa guru sekadar menggunakan power point sebagai media pembelajaran saat daring. Diperlukan adanya pembaharuan sebagai bentuk kreativitas dalam penggunaan media pembelajaran agar siswa lebih memiliki motivasi belajar, sehingga dapat meningkatkan prestasi. Kurangnya inovasi guru mengakibatkan menurunnya motivasi belajar siswa. Apabila motivasi belajar siswa tinggi dalam pembelajaran, maka memungkinkan hasil belajar yang dicapai akan tinggi. Sebaliknya, apabila motivasi belajar siswa rendah, maka hasil belajar yang dicapai tidak memenuhi target.

Baca juga:  Tingkatkan Pemahaman Praktik Salat melalui Video Interaktif

Upaya untuk membuat suasana kelas yang menyenangkan dan penggunaan media yang menarik dalam pembelajaran, berpotensi dapat menumbuhkan minat dan semangat belajar siswa sehingga dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan harus memenuhi kriteria agar dapat menarik perhatian siswa, sehingga dapat terlibat aktif pada saat pembelajaran. Perlu adanya penggunaan media pembelajaran berbasis permainan dan teknologi agar mampu menarik siswa secara maksimal.

Menanggapi hal tersebut, media pembelajaran interaktif Quizizz dapat dijadikan pilihan sebagai media pembelajaran berbasis permainan dan teknologi. Hal itu juga penulis terapkan di SMA Negeri 7 Surakarta.

Quizizz adalah web tool untuk membuat permainan berupa kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran online. Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah, sehingga dapat dimainkan kapan saja dan di mana saja oleh siswa asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Produksi Masal dengan Model Pembelajaran Project Based Learning

Dengan quizizz ini, siswa akan merasa tertantang, karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat. Selain itu, akan ada persaingan, karena quizizz langsung membuat ranking yang bersifat live antarpeserta quizizz. Menyenangkan karena akan ada suasana musik untuk menyemangati. Kelebihan dari quizizz bagi siswa adalah siswa tidak dapat mencontek sesama temannya, karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak. Siswa dapat mengetahui ranking yang dia dapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal tersebut setelah selesai. Selain itu, siswa juga mengetahui soal dan jawaban yang betul dari soal yang telah dikerjakannya.

Kelebihan quizizz bagi guru adalah adanya grading otomatis, kemudian quiziz membuat analisis butir soal, yang semuanya dapat diunduh berupa file excel. Laporan cukup detail, setiap siswa akan dilaporkan jawaban benar-salahnya, serta persentase pencapaian quiz untuk seluruh siswa. Selain itu, penggunaan quizizz juga memudahkan dalam pelaporan kepada wali murid. (kb4/aro)

Baca juga:  Duo Poster, Solusi Materi Kerjasama Ekonomi Internasional

Guru Ekonomi SMA Negeri 7 Surakarta

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya