alexametrics

Belajar Passive Voice dengan Metode Menyusun Kata

Oleh: Wiwit Rohmawati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEBAGAI bahasa internasional, sudah tidak diragukan lagi bahwa semua orang di seluruh dunia mengenal bahasa Inggris. Bahasa Inggris diajarkan hampir di semua belahan dunia ini. Sebagaimana yang dikatakan oleh Richard dan Rogers, “Bahasa Inggris adalah adalah pelajaran yang paling banyak dipelajari, lima ratus tahun yang lalu bahasa Latin lah yang paling banyak dipelajari”. Faktanya, saat ini bahasa Inggris adalah bahasa asing yang paling banyak dipelajari orang di seluruh penjuru dunia.

Ada empat keterampilan bahasa Inggris yang harus dikuasai siswa seperti berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis. Selain keempat keterampilan itu, siswa juga harus menguasai Grammar (tata bahasa) bahasa Inggris dengan benar. Setiap orang yang berbicara sebuah bahasa maka harus memahami grammar/tata bahasanya. Ketika ahli bahasa ingin mendeskripsikan suatu bahasa, mereka mencoba menggambarkan tata bahasa yang ada di benak penuturnya.

Baca juga:  Laptop Vs HP untuk Menggambar Desain Busana SMK

Ada beberapa perbedaan antara pengetahuan penutur, karena tata bahasa inilah yang memungkinkan untuk berkomunikasi melalui bahasa. Dari teori di atas kita tahu bahwa tata bahasa harus diajarkan dengan tepat karena itu adalah elemen dasar dari suatu bahasa. Tanpa pengetahuan tata bahasa yang tepat, siswa akan menemukan banyak masalah untuk mengekspresikan ide-ide mereka dan membangun kalimat untuk komunikasi (Mulyadi, 2019).

Ada banyak aspek yang dibahas dalam tata bahasa Inggris. Salah satunya adalah kalimat pasif. Kalimat pasif paling sering digunakan ketika tidak diketahui atau tidak penting untuk mengetahui dengan tepat siapa yang melakukan suatu tindakan. Berdasarkan hasil pengamatan awal terdapat beberapa masalah yang muncul terutama siswa yang ingin memahami kalimat pasif karena kalimat pasif sangat berbeda dengan kalimat aktif.

Berikut ini adalah kesalahan siswa dalam membuat kalimat pasif dari kalimat berdasarkan hasil pre-test dan pre observasi di kelas yaitu mereka membuat kesalahan dalam mengubah objek kalimat aktif menjadi subjek kalimat pasif,mereka membuat kesalahan dalam menggunakan “to be” yang tepat pada kalimat pasif dengan tense yang digunakan dalam kalimat aktif dan dengan jumlah subjek, apakah subjek tersebut tunggal atau jamak, mereka membuat kesalahan dalam menggunakan past participle (kata kerja 3), mereka membuat kesalahan dalam tenses.

Baca juga:  Menulis Cause and Effect Relationship dengan Media Lingkungan Sekitar

Maka dari itu, penting bagi siswa yang mempelajari Bahasa Inggris untuk memiliki pemahaman yang baik tentang kalimat pasif. Sehingga, siswa harus diajarkan dengan menggunakan metode yang terfokus pada kemampuan Grammar. Disini penulis menggunakan metode menyusun kata dalam kelompok sebagai strategi untuk menyelesaikan masalah ini. Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran di kelas adalah sebagai berikut : 1)Kelas dibuat kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 5 siswa. 2)Siswa diminta untuk membuat 5 kalimat pasif dan 5 kalimat aktif. 3)Kalimat tersebut ditulis di kertas yang sudah dipotong dan ditulis perkata. 4)Setelah itu 10 kalimat tersebut diberikan kepada kelompok lain. 5)Kemudian siswa dalam kelompok tersebut menyusun kata menjadi 5 kalimat pasif dan 5 kalimat aktif yang diperoleh dari kelompok lain. 6)Kelompok yang sudah selesai menyusun kalimat diberikan kesempatan untuk menulis kalimat yang sudah disusun bersama kelompoknya di papan tulis.Selanjutnya guru memberikan penilaian perkelompok dan kelompok yang benar dalam menyusun kalimat pasif dan aktif diberikan nilai maksimal.

Baca juga:  Pemutaran Video Mudahkan Siswa Menyusun Teks Eksplanasi yang Kronologis dan Sesuai Fakta

Dengan metode pembelajaran tersebut siswa kelas XI dapat belajar menyusun kalimat pasif dan aktif dengan lebih mudah karena dengan dalam kelompok siswa akan lebih aktif dan antusias dalam belajar grammar passive voice. Sehingga belajar pasif voice akan lebih mudah untuk dipahami. (kb4/zal)

Guru SMKN 1 Pati

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya