alexametrics

Reading Guide Tingkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Kisah Sahabat Nabi

Oleh : Ariyanti, S.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARNG.ID, DALAM Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada Bab II pasal 3 menyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Upaya memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan seakan tidak pernah berhenti. Banyak agenda yang telah, sedang dan akan dilaksanakan. Beragam program inovatif ikut serta memeriahkan reformasi pendidikan. Reformasi pendidikan merupakan restrukturisasi pendidikan yakni memperbaiki pola hubungan sekolah dengan lingkungan dan dengan pemerintah, pola pengembangan perencanaan serta pola pengembangan menejerialnya, pemberdayaan guru dan restrukturisasi model-model pembelajaran.

Tujuan umum Pendidikan Agama Islam adalah meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan peserta didik tentang Agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah, berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baca juga:  Pembelajaran Kooperatif untuk Mengajar Kalimat Imperatif

Dari hasil observasi, guru masih berfungsi sebagai satu-satunya sumber informasi pada proses pembelajaran PAI dan menjadikan peserta didik hanya datang, duduk, diam, dengar, catat dan hafal. Sehingga proses pembelajaran PAI menjadi monoton dan tidak menarik bagi peserta didik. Melihat keadaan proses pembelajaran tersebut, mengakibatkan hasil belajar peserta didik masih rendah. Karena apa yang disampaikan oleh guru tidak sampai pada peserta didik.

Salah satu upaya untuk meningkatkan perhatian peserta didik tersebut adalah dengan menerapkan model Reading Guide. Dengan model pembelajaran ini diharapkan dapat tercipta pembelajaran yang kondusif. Model pembelajaran ini bertujuan untuk memudahkan peserta didik lebih terfokus dan mudah dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru, sehingga hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan.

Baca juga:  Pembelajaran Jarak Jauh Bahasa Inggris dengan Office 365

Model Reading Guide adalah model pembelajaran yang memandu peserta didik untuk membaca panduan yang disiapkan oleh guru sesuai dengan materi yang akan diajarkan dengan waktu yang sudah ditentukan, disisi lain guru juga akan memberi pertanyaan yang membahas seputar materi yang telah dibaca peserta didik.

Langkah-langkah penerapan model pembelajaran Reading Guide diantaranya: guru menentukan bacaan yang akan dipelajari oleh peserta didik, guru membuat pertanyaan-pertanyaan yang dapat diisi oleh peserta didik dari bahan bacaan yang telah dipilih tadi, guru membagi bahan bacaan dengan pertanyaan kepada peserta didik, guru memerintahkan peserta didik untuk mempelajari bahan bacaan tersebut dengan menggunakan pertanyaan yang ada, guru membahas pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan menanyakan jawaban kepada peserta didik, dan pada akhir pembelajaran guru memberi ulasan atau penjelasan secukupnya, serta guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, dan tindak lanjut.

Baca juga:  Video Pembelajaran Solusi KBM di Masa Pandemi Covid-19

Data hasil penelitian menunjukkan model Reading Guide dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan dicapainya indikator kinerja yang diajukan dalam penelitian yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 6 SDN 03 Watukumpul pada materi kisah sahabat nabi tergolong kategori tinggi dengan persentase antara 75 persen sampai dengan 90 persen.

Ketepatan guru menerapkan model pembelajaran yang digunakan dalam setiap materi pembelajaran sangat penting karena akan mempengaruhi hasil belajar. Dengan menerapkan model Reading Guide ini pada materi kisah sahabat nabi, siswa SDN 03 Watukumpul akan lebih mudah, jelas memahaminya, dan mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan. (pg2/zal)

Guru SDN 03 Watukumpul

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya