alexametrics

Peran Geografi Fisik dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Sekolah

Oleh: Maskuri, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEKOLAH adalah salah satu tiang utama merawat lingkungan, ketika anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu dilembaga pendidikan ini, sekolah pula yang membentuk pola pikir mereka terhadap apa saja termasuk kepedulian lingkungan sekolah yang bertujuan mewujutkan perilalu tanggung jawab dalam pelestarian dan meningkatkan kualitas lingkungan sekolah. berikut ini alternatif yang dapat dilaksanakan sekolah dalam melaksanakan kepedulian ini . melalui pembelajaran, sekolah dapat diintegrasikan dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Intrakurikuler adalah kegiatan guru dan siswa secara tatap muka. Kokurikuler adalah pendukung kegiatan intrakurikuler seperti penugasan oleh guru pada siswa. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pengembangan bakat dan minat siswa.

Menurut Pasal 5 Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, PPK dilakukan dengan tiga prinsip. Berorientasi pada berkembangnya potensi peserta didik. Keteladanan pada lingkungan pendidikan. Berlangsung melalui pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk-bentuk pelaksanaan gerakan menumbuhkan karakter peduli lingkungan yang ditelah disampaikan di atas hanya alternatif. Artinya masih dapat dikembangkan lagi sesuai potensi sekolah yang dimiliki sekolah dan harus selaras dengan tujuan pendidikan. Pendidikan lingkungan hidup menurut Pasal 1 Peraturan Menteri ini diartikan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan aksi kepedulian individu, komunitas, organisasi dan berbagai pihak terhadap permasalahan lingkungan untuk keberlanjutan pembangunan bagi generasi sekarang dan yang akan datang. Peduli lingkungan menjadi nilai penting utuk ditumbuhkembangkan, siswa berkarakter adalah siswa yang mempunyai kepedulian terhaap lingkungan fisik atau soaial, siswa semacam ini memiliki kesadaran bahwa dirinya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari lingkungan sekaligus berusaha berbuat sebaik mungkin bagi lingkungan.

Baca juga:  Melatih Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis melalui Padlet

Indikator karakter peduli lingkungan sekolah yaitu memelihara kebersihan, tersedianya tempat sampah organik dan anorganik, adamya tempat cuci tangan, pembiasaan hemat energi, membuat biopori diarea sekolah, membangun saluran limbah yang baik, penugasan pembuatan pupul kompos dari sampah organic, mrmbuat tendon penyimpanan air, memprogramkan peduli bersih lingkungan. Untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan penglolaan lingkungan sekolah diperlukan pembentukan perilaku peduli lingkungan yang dijabarkan melalui tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku. Adapun belum tumbuhnya karakter peduli lingkungan sekolah karena manajemen sekolah belum maksimal berjalanya Persepsi murid terhadap sekolah masih lemah. Kurangnya niat keihlasan konduktivitas kerja seluruh warga sekolah.

Sekolah mempresentasikan kesadaran dan kometmen yang kuat dari seluruh warga sekolah dalam menciptakan kondisi fisik dan suasana akademis yang nyaman dan menyengangkan. Seperti yang diterapkan di SMAN 1 Gemuh, Kendal. (lbs1/zal)

Baca juga:  Mudah Belajar Ungkapan Setuju dan Tidak Setuju melalui LT

Guru SMAN 1 Gemuh, Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya