alexametrics

Pemilihan Ketua OSIS dengan Menerapkan Sistem E-Voting

Oleh: Dra. Sri Endah Mustikowati

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI Covid-19 membuat seluruh sektor kehidupan harus beradaptasi dengan teknologi komunikasi dan informatika. Demikian juga dengan sektor pendidikan, setelah penerapan pembelajaran jarak jauh, momen pesta demokrasi yakni pemilihan ketua OSIS

( Pilketos) pun dilaksanakan secara daring seperti yang diselenggarakan di SMP Negeri 3 Kendal.

Penerapan sistem E-Voting menjadi pilihan yang harus dilakukan dimasa pandemi Covid-19 saat ini, dimana pengurus OSIS telah berakhir masa tugasnya , sementara peserta didik belum diperbolehkan datang kesekolah. Pilihan ini dirasa yang paling memungkinkan, sebab selain bisa menghindari kerumunan untuk mencegah rantai penularan Covid-19, cara ini dinilai cukup efektif dan efisien dalam penerapannya.

Peserta didik dapat menggunakan hak pilihnya dengan memilih calon Ketua OSIS baru dengan menggunakan smartphone. Pemilihan Ketua OSIS di SMP Negeri 3 Kendal masa bakti 2020- 2021 dipersiapkan sejak awal September, dimulai dengan tahapan penyeleksian bakal calon ketua OSIS melalui google form, bakal calon Ketua OSIS diminta membuat konsep visi misinya bila terpilih sebagai Ketua OSIS serta tes wawancara oleh Wakil Kepala bidang Kesiswaan melalui googlemeet, dari penyeleksian ini terpilih sembilan bakal calon Ketua OSIS (balon Ketos).

Baca juga:  Pemilihan Ketua Osis Ajarkan Siswa Demokrasi

Kemudian bakal calon Ketua OSIS diseleksi secara virtual, yakni bidang kepemimpinan, keorganisasian, kesekretariatan, kecakapan berbahasa serta ketrampilan baris – berbaris. Dari penyeleksian ini terpilih empat calon Ketua OSIS yaitu Taqwa Maiyunita, Syarifuddin, Arief Matofany serta Aril Surya Adam. Untuk selanjutnya sampai pada tahap calon Ketua OSIS mengambil nomor undi yang dilaksanakan melalui , nomor undi 1 adalah Syarifuddin, nomor undi 2 dipegang oleh Arief Matofany, nomor undi 3 jatuh pada Taqwa Maiyunita dan nomor undi 4 jatuh pada Aril Surya Adam. Selanjutnya empat calon Ketua OSIS ini menyampaikan visi misinya, para pemilih dapat melihat penyampaian visi misi calon Ketua OSIS melaui Link Youtube yang dibagikan ke group whatsApp kelas masing – masing.
Akhirnya pada Sabtu 17 Oktober 2020 seluruh peserta didik SMP Negeri 3 Kendal dapat memilih calon Ketua OSIS secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dengan mengklik nama dibawah foto calon Ketua OSIS melalui E-Voting.

Baca juga:  Beckham Jadi Ketua OSIS lewat Sistem Online

Dari 588 suara pemilih dapat langsung diketahui bahwa 256 suara memilih calon nomor undi 1, 187 suara memilih calon dengan nomor undi 3, 91 suara memilih calon dengan nomor undi 2, serta 54 suara memilih calon dengan nomor undi 4. Selanjutnya panitia pesta demokrasi langsung dapat mengumumkan ketua OSIS terpilih melalui group whatsApp masing – masing kelas.

Meskipun masa pandemi Covid-19 belum berakhir, namun pesta demokrasi, pemilihan Ketua OSIS tetap dapat dilaksanakan dengan menerapkan sistem E-Voting. Cara ini cukup efektif dan efisien dalam penerapannya, peserta didik dapat memilih Ketua OSIS tanpa berkerumun dan penghitungan suara langsung dapat diketahui oleh peserta didik. (lbs1/zal)

Baca juga:  Terapkan Sistem Belajar Mandiri

Guru PPKn SMPN 3 Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya