alexametrics

Belajar Matematika di Rumah Saja Berbantuan Benda Konkret

Oleh : Sri Maryanti S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PADA pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) siswa dikelompokkan menjadi dua kelas yaitu kelas rendah (untuk siswa yang duduk kelas I, kelas II, dan kelas III) dan kelas tinggi (untuk siswa yang duduk kelas IV, V, dan kelas VI). Siswa kelas IV SD merupakan transisi dari siswa kelas rendah menuju kelas tinggi sehingga dalam pembelajaran, khususnya matematika penggunaan media pembelajaran benda konkret masih dibutuhkan.

Hal ini sesuai dengan pendapat Piaget (Rofiqoh Laila, 2015) bahwa anak umur 7 atau 8 sampai dengan 11 atau 12 tahun berada pada tahap operasional konkret dengan ciri pokok anak sudah mulai menggunakan aturan-aturan yang jelas dan logis. Ditandai adanya reversible dan kekekalan. Anak telah memiliki kecakapan berpikir logis, akan tetapi hanya dengan benda-benda yang bersifat konkret. Operation adalah suatu tipe tindakan untuk memanipulasi objek atau gambaran yang ada di dalam dirinya. Karenanya kegiatan ini, memerlukan proses transformasi informasi ke dalam dirinya sehingga tindakannya lebih efektif. Anak sudah tidak perlu coba-coba dan membuat kesalahan, karena anak sudah dapat berpikir dengan menggunakan model kemungkinan dalam melakukan kegiatan tertentu. Anak dapat menggunakan hasil yang telah dicapai sebelumnya. Anak mampu menangani sistem klasifikasi, namun sungguhpun anak telah dapat melakukan penglasifikasian, pengelompokan, dan pengaturan masalah (ordering problems).

Baca juga:  Serunya Belajar Organ Pencernaan Hewan dan Manusia dengan Make a Match

Anak tidak sepenuhnya menyadari adanya prinsip-prinsip yang terkandung di dalamnya. Namun taraf berpikirnya sudah dapat dikatakan maju. Anak sudah tidak memusatkan diri pada karakteristik perseptual pasif. Untuk menghindari keterbatasan berpikir anak perlu diberi gambaran konkret, sehingga ia mampu menelaah persoalan. Sungguhpun demikian anak usia 7 atau 8 sampai dengan 11 atau 12 tahun, masih memiliki masalah mengenai berpikir abstrak.

Pembelajaran matematika kompetensi dasar (KD) 3.9 menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga, khususnya indikator 3.9.1 menemukan rumus luas persegi menggunakan benda konkret dengan materi keliling dan luas daerah persegi bagi siswa kelas IV SDN 2 Selokaton, Sukorejo, Kendal.

Baca juga:  Optimalkan Pembelajaran Praktik Biologi di Masa Pandemi dengan Pembelajaran Berbasis Projek

Penulis memanfaatkan benda-benda konkret yang mudah disiapkan oleh siswa saat belajar di rumah, antara lain beberapa kertas berbentuk persegi dengan ukuran beragam.

Langkah berikutnya, dengan pembelajaran benda konkret, pertama, penulis menyapa para siswa lewat grup whatshap (wa) kelas dilanjutkan dengan berdoa. Kedua, siswa diminta menyiapkan benda-benda konkret berbentuk persegi dari kertas-kertas berkas. Ketiga, dengan menggunakan penggaris siswa diminta membagi setiap sisi-sisi persegi 1 cm, kemudian dihubungkan sehingga terbentuklah persegi-persegi kecil 1cm×1cm. Keempat, siswa diminta melengkapi tabel yang luas persegi. Kelima, siswa dibimbing untuk membuat simpulan luas persegi yaitu sisi kali sisi.

Setelah siswa memahami bagaimana cara menentukan luas persegi. Selanjutnya siswa berlatih memecahkan masalah dengan cara siswa mempelajari dan menyalin contoh-contoh soal yang berkaitan dengan luas persegi.

Baca juga:  Belajar Akuntansi Lebih Mudah dengan Salam Debit dan Salam Kredit

Pada akhir pembelajaran siswa mengerjakan penilaian berupa kuis yang dikerjakan secara daring menggunakan smartphone masing-masing (penulis menggunakan fasilitas yang diberikan secara gratis oleh google yaitu google form). Hasil penilaian cukup memuaskan, dari 22 siswa yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 80 persen dengan rata-rata mencapai 66, dan 80 persen siswa menyatakan senang dan paham dengan pembelajaran Matematika berbantuan benda konkret. (lbs1/ida)

Guru SDN 2 Selokaton, Sukorejo, Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya