alexametrics

Penerapan Sastra Cerita Fabel melalui Boneka Kertas

Oleh: Ummu Tafsiroh, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SASTRA merupakan buah pemikiran dan perasaan seseorang yang berbentuk karya. Sastra bisa berbentuk tulisan ataupun lisan. Sastra kebanyakan dinikmati oleh orang dewasa saja karena bentuk pemikiran serta gaya bahasa yang rumit, sehingga muncul pemikiran bahwa sastra tidak bisa dinikmati oleh anak, khususnya anak SD. Pada pembelajaran tingkat SD, sastra tidak banyak berhubungan dengan tulisan, tetapi dengan bahasa yang dijadikan wahana untuk mengekspresikan pengalaman atau pemikiran tertentu sehingga siswa dapat memahami dan mengapresiasikan sastra yang diberikan. Biasanya hal tersebut dinamakan dengan sastra anak.

Dalam kehidupan sehari-hari, sering mendengar orang menyebutkan atau mengucapkan sastra anak. Kata sastra anak merupakan rangkaian dari dua kata, yaitu kata sastra dan kata anak. Secara sederhana istilah sastra anak dapat diartikan sebagai karya seni yang imajinatif dengan unsur estetis, yang secara khusus dapat dipahami oleh anak-anak dan berisi tentang dunia yang akrab dengan anak-anak. Sifat dan hakikat sastra anak harus sesuai dengan dunia dan alam kehidupan anak-anak yang khas milik mereka.

Baca juga:  Metode CCS Tingkatkan Minat Siswa Belajar Sejarah

Sifat sastra anak lebih menonjolkan unsur fantasi. Sifat fantasi ini terwujud dalam imajinasi dari yang serba mungkin dalam sastra anak. Anak-anak menganggap segala sesuatu, baik benda hidup maupun benda mati itu berjiwa dan bernyawa, seperti diri mereka sendiri. Segala sesuatu itu masing-masing dianggap mempunyai imbauan dan nilai tertentu. Sesuatu yang seolah-olah bisa hidup dinamakan cerita jenis fabel.

Melalui cerita fabel kita bisa menyampaikan sastra pada anak dengan menggunakan media boneka kertas . Boneka yang terbuat dari kertas yang bergambar tokoh binatang kemudian digunting sesuai pola tokohnya kemudian ditempel pada lidi yang digerakkan sesuai alur cerita. Dari alur cerita tersebut anak diajarkan menentukan watak, latar, kejadian dan yang lainnya. Hal ini dilakukan di kelas 1 SD Negeri 01 Kalimojosari saat pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam pembelajaran, siswa menyaksikan cerita yang dibawakan guru, kemudian anak menceritakan kembali .
Pada pendidikan anak SD diperlukannya pembelajaran sastra untuk mendorong tumbuhnya sikap apresiatif terhadap karya sastra yaitu sikap menghargai dan mencintai karya sastra. Pembelajaran bisa melalui membaca, mendengar ataupun melihat video cerita. Dengan menggunakan boneka kertas cerita fabel menjadi menarik, anak dengan mudah mengapresiasi sastra yang terkandung, sehingga anak dapat memahami, menikmati, merespons, serta menarik minat mereka pada beragam karya sastra anak lainnya.

Baca juga:  Penerapan Model LeaCy dalam Pembelajaran Menulis

Dalam pembelajaran sastra pada anak SD dapat dibagi menjadi dua, yaitu apresiasi sastra reseptif dan apresiasi sastra ekspresif. Apresiasi sastra reseptif menekankan pada proses penikmatan yang dapat dilakukan melalui kegiatan membaca, mendengarkan dan menyaksikan pementasan drama/pembacaan puisi. Sementara itu apresiasi ekspresif/produktif dapat dilakukan dengan mengajak siswa menulis dan membaca puisi, menulis cerita atau sinopsis cerita, atau bermain drama. Dalam pembelajaran sastra, tugas guru dalam kegiatan apresiasi adalah mengembangkan pengetahuan dan pengalaman (skemata simbolik) siswa dan membimbing cara berpikir siswa pada saat kegiatan apresiasi dilakukan. Dengan demikian, pembelajaran apresiasi sastra benar-benar diarahkan untuk mengembangkan apresiasi siswa khususnya pada pengembangan dan pembinaan respons emosional maupun intelektual anak. Melalui cerita fabel yang dimainkan dengan boneka kertas dalam pembelajaran siswa akan lebih tertarik, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan tujuan pembelajaran bisa tercapai. (pg1/zal)

Baca juga:  Tingkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Sosiologi dengan Tutor Sebaya

Guru SD Negeri 01 Kalimojosari, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya