alexametrics

Media Papan Pecahan Tingkatkan Prestasi dalam Materi Pecahan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DI masa pandemi seperti sekarang ini, pendidikan disekolah sangat perlu diperhatikan khususnya bagi kita seorang guru. Kita dituntut untuk memberikan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan kepada siswa. Implemetasi kagiatan pemebelajaran cukup menyulitkan siswa dan guru saat pandemi Covid-19, apalagi siswa harus belajar dari rumah.

Khususnya pada muatan pelajaran matematika, seorang guru harus bisa menyampaikan materi dengan baik kepada peserta didik. ugas yang diberikan tidak hanya berupa soal-soal yang terkadang justru membuat anak merasa bosan. Akan tetapi bisa berupa kegiatan yang menyenangkan. Hal tersebut bertujuan agar anak-anak lebih semangat dan pembelajaran yang dilakukan terasa menyenangkan.
Pada materi kelas 2 Sekolah Dasar anak-anak telah dikenalkan dengan bilangan pecahan. Terkadang sulit untuk membuat anak mengerti dengan bilangan pecahan. Oleh karena itu, hendaknya guru merancang sebuah metode pembelajaran bermakna atau yang kita kenal meaningfull learning. Pembelajaran bermakna adalah pembelajaran yang menyenangkan yang diharapkan siswa akan dapat memperoleh informasi secara utuh tentang bilangan pecahan ini sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi.

Baca juga:  Aktifkan Kelas dengan Bermain Peran Ampuh Tingkatkan HB

Dalam pemebelajaran pecahan di kelas III SDN 03 Jebed Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, masih banyak siswa yang belum bisa menerima atau memahami tentang materi pecahan tersebut. Dengan adanya kendala ini, saya mencoba untuk membuat Media Papan Pecahan untuk pembelajaran materi pecahan tersebut.

Media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pengajaran (Djamarah, 2002). Media Papan Pecahan merupakan media yang ditawarkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dikarenakan media papan pecahan ini memiliki banyak manfaat mulai dari dapat memperjelas pembelajaran bilangan pecahan konsep dasar pengertian hingga dapat menjelaskan penjumlahan dan pengurangan. Sehingga siswa lebih paham terhadap materi yang diberikan. Papan pecahan ini hadir sebagai alat bantu dan juga sebagai perangsang siswa sehingga siswa dapat lebih fokus dan dapat belajar sendiri dengan menggunakan media papan pecahan ini. Terlebih lagi papan pecahan ini sudah dibuktikan dengan penerapan dan dapat meningkatkan pemahaman siswa.
Cara pembuatan media papan pecahan yaitu: Siapkan Sterofoam, Kertas print untuk judul, kertas warna untuk bagian wallpaper, gunting, lem, cat warna, dan paku kecil. Lalu bentuk lingkaran 360 derajat sebayak yang dibutuhkan misalnya buat gambar 5 lingkaran yang besar sehingga siswa dapat melihat dengan jelas walaupun dari kejauhan. Cat lingkaran bedakan menjadi 2 warna yang berbeda. Lalu iris masing-masing lingkaran. Lingkaran pertama biarkan utuh, lingkaran kedua iris menjadi 2 bagian yang sama, lingkaran ketiga potong menjadi 4 bagian lalu lingkaran keempat potong menjadi 6 bagian dan lingkaran yang terakhir potong menjadi 8 bagian. Lalu lapiskan kertas warna pada sterofoam yang besar dengan lem, lalu tempelkan asing-masing lingkaran pada papan dengan menggunakan paku kecil yang aman untuk siswa.

Baca juga:  Mengatasi Masalah dengan “Masalah”

Dengan Media Papan Pecahan,prestasi anak di SDN 03 Jebed mengalami peningkatan. Hal ini bisa dijadikan acuan atau referensi guru-guru yang lain dalam memberikan materi pecahan kepada siswanya di sekolah. (ti1/zal)

Guru SDN 03 Jebed, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya