alexametrics

Signifikansi TIK dalam Pembelajaran STEAM

Oleh : Haryadi S.Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) daring di SMP Negeri 2 Tengaran berpeluang menjadikan peserta didik rentan kehilangan semangat belajar. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru TIK untuk mencari cara agar peserta didik tetap fokus mendapat kualitas pembelajaran. Pembelajaran STEAM sebagai alternatif yang dapat mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Pembelajaran STEAM memiliki kiat khusus untuk memastikan standardisasi kualitas tetap terpenuhi dan peserta didik tetap antusias belajar seperti di sekolah.

STEAM dikenal sebagai metode pembelajaran terapan yang menggunakan pendekatan antar ilmu. STEAM mencakup disiplin ilmu Science (Sains), Technology (Teknologi), Engineering (Teknik), Arts (Seni), dan Mathematics (Matematika). Pembelajaran STEAM biasanya dibarengi dengan pembelajaran aktif dan berbasis masalah. National Education Center (2014) menjelaskan bahwa pembelajaran STEAM memberikan peluang bagi pendidik untuk menunjukkan kepada peserta didik mengenai konsep, prinsip, dan teknik dari sains, teknologi, rekayasa, dan matematika yang diterapkan secara terintregasi dalam pengembangan produk, proses, dan sistem yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Pembelajaran STEAM ini sangat cocok bagi peserta didik di era digital. Kemudahan mendapatkan informasi dari segala sumber serta kecanggihan teknologi yang kian lama membuat masyarakat modern menjadi ketergantungan. Hal ini dapat membawa dampak positif dan negatif. Untuk meminimalisasi dampak negatif, guru harus berkolaborasi dengan orang tua. Maka, orang tua harus peka terhadap perubahan zaman dan mengikuti perkembangan teknologi sehingga dapat membimbing anaknya secara bijak dan tepat. Dalam pelaksanaan aktivitas sekolah di masa pandemi ini, orang tua diharapkan terlibat aktif dalam mendorong anak untuk bertanya, terlibat aktif dalam aktivitas anak, mengarahkan anak untuk berpikir kreatif, mendorong anak menyelesaikan masalah, dan mendorong anak eksplorasi, menguji solusi, dan menemukan cara baru.

Baca juga:  Quizizz Solusi Penilaian Harian PTM dan PJJ

Peran orang tua menjadi sangat penting untuk mendukung pengalaman sekolah online. Hasil studi menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara keterlibatan orang tua secara langsung dengan keberhasilan peserta didik. Sehingga dampak sekolah online akan lebih maksimal pada anak, jika orang tua turut terlibat di dalamnya. Dengan pembelajaran STEAM ini, peserta didik diasah berpikir kritis dengan belajar memecahkan dan menelaah masalah menggunakan alat teknologi dan strategi belajar kolaboratif yang kreatif. Memastikan proses belajar adalah sesuatu yang menyenangkan dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penerapan pembelajaran STEAM ini dapat membantu peserta didik tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, berkemampuan sosial, dan komunikasi yang baik.

TIK menjadi ilmu yang wajib dikuasi para pelajar di pendidikan dasar dan menengah. Konsep pembelajaran TIK tidak hanya mempelajari beragam perangkat lunak komputer, tetapi memecahkan masalah dan membuat aplikasi dengan berpikir kritis. Dengan pelajaran TIK, peserta didik dituntut berpikir komputasional dengan mempelajari beragam disiplin ilmu, baik informatika atau non informatika.
Pembelajaran TIK mencakup lima materi yang menunjang kompetensi peserta didik di era revolusi industri 4.0 seperti teknik komputer, jaringan komputer/internet, analisis data, dampak sosial informatika, dan programming. TIK merupakan mapel yang sesuai dengan kebutuhan masa depan generasi milenial. Peran TIK dalam pembelajaran STEAM dilakukan melalui pendekatan yang terintegrasi dengan mapel dan dunia nyata. Pendekatan STEAM memberikan latihan kepada peserta didik untuk dapat mengintregasikan masing-masing aspek secara sekaligus sehingga hasil belajar TIK dapat maksimal. (ti2/ida)

Baca juga:  Nilai Semangat Sumpah Pemuda Seiring Era Digital

Guru TIK SMPN 2 Tengaran, Kabupaten Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya