alexametrics

Manfaatkan Media Youtube untuk Mendeklamasikan Puisi

Oleh : Daryanto S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN puisi di sekolah sering membosankan. Sebab, pemilihan materi dan strategi pembelajaran hanya menekankan hal-hal yang bersifat pengembangan aspek kognitif saja. Peserta didik hanya diharuskan menghafal berbagai jenis puisi, pantun, syair, jumlah baris dalam setiap bait, lirik, rima, dan sebagainya. Padahal, jika kembali kepada hakikat puisi adalah mengajarkan bagaimana menghayati kehidupan. Dengan pemahaman demikian, pembelajaran puisi di sekolah dasar (SD) semestinya diorientasikan pada pembentukan pribadi yang utuh.

Oleh karena itu, berbagai komponen pembelajaran, seperti, pemilihan bahan, metode, strategi, teknik, pengorganisasian kelas, serta pemilihan pengalaman belajar, haruslah dirancang dengan memperhatikan aspek-aspek yang ingin dikembangkan sesuai tujuan. Di samping itu, kurangnya media pembelajaran yang tepat. Diperparah kondisi pandemi Covid-19, semakin sulit menyampaikan materi pelajaran.

Mendeklamasikan puisi merupakan peristiwa seni. Yaitu seni mengungkapkan sebuah puisi kepada pendengarnya dengan gerak-gerik, mimik, dan sebagainya. Dengan kata lain, deklamasi adalah seni bercerita. Orang yang melakukan deklamasi disebut deklamator untuk laki-laki dan deklamatris untuk perempuan. Sedangkan tujuan deklamasi ialah mengutarakan pikiran/kebijakan yang terdapat dalam sebuah puisi, sehingga nilai-nilai keindahannya terucap keluar dan terdengar oleh orang lain.
Dalam pembelajaran puisi, adakalanya peserta didik sulit menangkap hal-hal yang bersifat abstrak, karena karakteristik anak usia SD antara lain, peka terhadap hal–hal yang berwarna dan nyata. Untuk itu, perlu diberikan contoh atau gambaran agar peserta didik mudah memahami dalam pembelajaran bersifat konkret. Untuk menghindari semua itu dalam pengajaran bahasa diperlukan alat peraga. Media Youtube dirasa cocok untuk peserta didik dalam pembelajaran mendeklamasikan puisi. Media Youtube yaitu media yang tidak hanya dapat dilihat, tetapi dapat didengarkan. Selain dapat menampilkan gambar, juga dapat mengeluarkan suara, atau yang disebut media tampak dengar.

Baca juga:  Strategi Pembelajaran Index Card Match Tingkatkan Kemampuan Siswa

Dalam konteks pembelajaran puisi ini, Youtube dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media ajar. Salah satu keunggulan media Youtube dalam pembelajaran materi mendeklamasikan puisi adalah, peserta didik dapat melihat berbagai video pembelajaran dengan berbagai ekspresi atau mimik yang ditampilkan. Sehingga peserta didik dapat menyaksikan langsung tanpa harus membayangkan kembali. Media pembelajaran Youtube akan memperjelas pesan pembelajaran agar tidak terlalu verbalistis. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, tenaga dan panca indra di tengah pandemi Covid-19. Menimbulkan semangat belajar dengan interaksi langsung antara peserta didik dengan sumber belajar. Memungkinkan peserta didik belajar mandiri sesuai dengan kemampuan visual, auditori serta kinestetiknya. Memberikan stimulus yang sama dengan membandingkan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama.

Baca juga:  Superedu Tingkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Kelas

Guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia tentang materi mendeklamasikan puisi ini dengan menggunakan media Youtube bisa menjadi alternatif dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan menggunakan media Youtube ini, peserta didik diharapkan mampu praktik mendeklamasikan puisi dengan baik. Di dalam pembelajaran sangat perlu adanya media pembelajaran yang bisa mempermudah peserta didik dan membantu peserta didik untuk lebih memahami materi yang akan disampaikan. Selain pemberian media, harus adanya pemberian motivasi, apersepsi, dan ice braking agar lebih meningkatkan semangat pada peserta didik dan minat peserta didik dalam belajar. (ti1/ida)

Guru SDN 01 Kebondalem, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya