alexametrics

Snowball Throwing Tingkatkan Belajar Bilangan Bulat dan Pecahan

Oleh : Irkham S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PENENTU pembelajaran yang menyenangkan adalah metode dan media yang menarik. Meskipun untuk mewujudkannya tidak mudah. Sebagaimana dialami oleh penulis dalam mengajar matematika di kelas VII SMPN 2 Wiradesa. Masih banyak siswa yang tidak fokus dan bosan dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Hal ini menjadi perhatian penulis untuk menerapkan metode pembelajaran Snowball Throwing pada materi bilangan bulat dan pecahan kelas.

Snowball Throwing merupakan salah satu metode pembelajaran, di mana siswa diberikan kesempatan dan kebebasan untuk membangun maupun menciptakan suatu pengetahuan. Menciptakan suatu pengetahuan dapat dilakukan siswa dengan cara mencoba memberikan arti atau makna pada pengetahuan yang telah dialaminya.

Pariani (2014) menyatakan bahwa metode Snowball Throwing merupakan metode pembelajaran yang diawali dengan pembentukan kelompok (sama seperti metode inquiry). Pelatun (2014) menyatakan bahwa metode Snowball Throwing merupakan metode yang menitikberatkan pada suatu pertanyaan yang diajukan dalam sebuah permainan. Di mana masing–masing siswa saling melempar bola yang terbuat dari kertas, namun berisi tentang pertanyaan. Setiap individu yang terlibat dalam metode ini, harus mempersiapkan diri untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh temannya.

Baca juga:  Penumbuhan Karakter Kreatif dan Mandiri melalui Media Pop-Up

Prinsip yang harus diketahui dalam menerapkan metode Snowball Throwing menuntut siswa untuk belajar secara aktif atau dinamakan dengan student active learning, menuntut siswa untuk belajar bekerja sama dengan teman sebaya atau dinamakan dengan cooperative learning, menuntut guru melakukan kegiatan pembelajaran yang partisipatorik, menuntut guru untuk mengajar secara reaktif atau dinamakan dengan reactive teaching dan pembelajaran yang dilakukan bersifat menyenangkan atau dinamakan dengan joy full learning.

Langkah–langkah yang harus dilakukan untuk menerapkan metode Snowball Throwing pada pembelajaran bilangan bulat dan pecahan sebagai berikut, pertama, guru perlu menyampaikan tentang materi bilangan bulat dan pecahan. Kemudian, guru membentuk kelompok. Setelah kelompok terbentuk, guru memanggil ketua dari masing–masing kelompok untuk diberikan beberapa penjelasan tentang materi bilangan bulat dan pecahan.

Baca juga:  Penanaman Konsep Perkalian pada Siswa Sekolah Dasar

Setelah memperoleh pengarahan dari guru, masing–masing ketua kelompok kembali ke dalam kelompoknya. Ketua kelompok selanjutnya menjelaskan tentang materi yang diperoleh dan dijelaskan dari guru pada teman–teman dalam kelompoknya. Selanjutnya siswa yang berada dalam kelompok, masing–masing diberikan satu lembar kertas. Kertas tersebut digunakan untuk menuliskan tentang satu pertanyaan. Pertanyaan yang dituliskan berhubungan dengan materi yang telah dijelaskan oleh masing-masing ketua kelompok. Lalu, Kertas yang dituliskan pertanyaan oleh masing–masing siswa tersebut, selanjutnya dibuat seperti bola. Setelah dibuat bola, kertas tersebut dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain. Kemudian, siswa yang memperoleh lemparan bola selanjutnya diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang tertulis di dalam kertas tersebut. Lalu, guru melakukan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Terakhir, guru menutup kegiatan pembelajaran tersebut dan memberikan kesimpulan materi.

Baca juga:  Alat Peraga Sederhana Efektif untuk Memahami Hukum I Newton

Metode ini mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk menyampaikan pendapat di depan umum, siswa bertanggung jawab untuk menjawab pertanyaan yang telah diperoleh siswa lain. Siswa menjadi tidak malu untuk menghadapi teman sebayanya di kelas, pembelajaran yang dilakukan antara guru dan siswa menjadi lebih menyenangkan. Yang perlu diantisipasi dari model ini adalah situasi belajar menjadi gaduh, karena kurang kondusif dalam pengaturan kelas. Hal ini guru perlu lebih siaga untuk terus menciptakan kelas dengan dinamis dan tercapai tujuan pembelajaran. (ce3/ida)

Guru Matematika SMPN 2 Wiradesa

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya