alexametrics

Memanfaatkan Media Gambar untuk Mengenal Keragaman Budaya

Oleh : Temu Wahyu Hermani S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, INDONESIA dikenal sebagai bangsa yang memiliki kebudayaan yang beranekaragam. Setiap daerah memiliki adat istiadat budaya yang berbeda-beda. Misalnya rumah adat, pakaian adat, kesenian tradisional, tari, dan bahasa. Keragaman budaya itu perlu dikenalkan kepada siswa agar lebih mengenal, mencintai, dan ikut melestarikannya.

Materi keragaman budaya ini termasuk materi pelajaran yang luas cakupannya. Siswa sering kesulitan untuk memahaminya. Mereka malas untuk menghafal dan mempelajarinya. Hal ini terjadi pada siswa kelas IV SDN Karanggondang. Akibatnya hasil belajarnya belum maksimal.

Untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, penulis menggunakan media gambar. Media gambar adalah suatu media visual yang hanya bisa dilihat saja, akan tetapi tidak mempunyai unsur audio atau suara. Menurut Sadiman Arief S (2003:21) media gambar adalah sebuah gambar yang berkaitan dengan materi pelajaran yang berguna untuk menyampaikan pesan dari guru kepada siswa.

Baca juga:  Talking Stick Memudahkan Memahami Permainan Bulu Tangkis

Secara umum fungsi media gambar yaitu sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar yang memberikan pengalaman visual pada anak. Sehingga dapat mendorong motivasi belajar dan mempermudah konsep yang kompleks dan abstrak menjadi lebih sederhana, konkret dan mudah dipahami.
Menurut Sadiman Arief S (2003:25), terdapat enam syarat yang perlu dipenuhi oleh media gambar, yaitu ukuran relatif, sederhana, autentik, mengandung gerak atau perbuatan, bagus dari sudut seni, dan digunakan sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Oleh karena itu, penulis menyiapkan gambar-gambar yang diperlukan. Seperti gambar rumah adat, pakaian adat, kesenian tradisional, alat musik tradisional. Gambar yang diperoleh dipilih yang sesuai dengan materi pelajaran. Selain itu, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Dalam pelaksanaannya, guru memperlihatkan satu persatu gambar yang sudah disiapkan. Anak menebak nama dan asal daerahnya. Guru mengapresiasi siswa yang dapat menjawab dengan benar. Sedangkan siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, diberi motivasi agar timbul semangat belajarnya.

Baca juga:  Google Form Mempermudah Evaluasi di Masa Pandemi

Guru mengajak siswa berdiskusi tentang gambar budaya daerah tersebut. Tujuannya agar siswa lebih mengenal budaya daerah. Siswa dapat menyampaikan pendapat dan pengetahuannya tentang gambar yang disajikan. Mereka boleh berbeda pendapat. Tugas guru menampung pendapat siswa dan menggiring pada satu kesimpulan yang tepat.
Guru harus selalu memberikan motivasi kepada siswa. Sehingga siswa menjadi lebih aktif dan kreatif. Pembelajaran akan lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Suasana kelaspun akan lebih hidup. Karena adanya interaksi antara guru dengan siswa, dan interaksi antarsiswa. Bila siswa sudah termotivasi dan tertarik pada materi yang disampaikan, maka hasil belajarpun akan meningkat.

Dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran mengenal keragaman budaya. Karena media gambar dapat mempermudah dan memperjelas pemahaman siswa, menyingkat suatu uraian, serta memunculkan daya tarik siswa pada meteri pelajaran. (ce3/ida)

Baca juga:  Pelatihan Berbasis Lesson Study Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran

Guru SDN Karanggondang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya