alexametrics

Tingkatkan Imun dengan Pemberian Tugas Membuat Jus Buah

Oleh : Ista’ Zanatil Chasanah S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN online dilakukan dengan memanfaatkan teknologi khususnya internet. Menurut Trianto (2010) proses belajar terjadi melalui banyak cara baik disengaja maupun tidak disengaja dan berlangsung sepanjang waktu dan menuju pada suatu perubahan pada diri pembelajar. Belajar bukan hanya sekedar transfer knowledge, namun merupakan suatu proses yang dialami seseorang untuk dapat memahami apa yang dipelajari. Belajar yang menyenangkan akan mampu membuat peserta didik termotivasi untuk belajar.

Pembelajaran online dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ), dimana Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) tidak dilakukan secara tatap muka.

Pada pembelajaran online, peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran jenuh. Seorang peserta didik yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakkan peserta didik agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar. Hal tersebut merupakan tantangan bagi para pendidik selama proses pembelajarannya menggunakan daring.

Baca juga:  Menambah Perbendaharaan Kata Bahasa Inggris melalui Lagu

Seorang pendidik harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan pandai mengaitkan materi pelajaran dengan kondisi yang sedang dialami sekarang. Kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Petarukan, guru prakarya memberikan tugas kepada peserta didik dengan membuat minuman jus buah, dari awal proses dan sampai diminum untuk dibuat videonya. Kemudian kirim ke guru. Pemberian tugas tersebut secara tidak langsung menjadikan peserta didik mandiri dan pandai membuat jus buah. Karena setiap peserta didik meminum langsung jus yang mereka buat sendiri. Dengan melihat manfaat dari buah yang banyak mengandung vitamin C, dapat membantu meningkatkan imun tubuh, sekaligus mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

Tanpa sistem kekebalan tubuh akan terbentuk sehingga mampu menangkal serangan bakteri, virus, parasit, dan lainnya. Sistem kekebalan tubuh kuat, menjadikan tubuh sehat. Sebab, salah satu tanda sistem kekebalan tubuh melemah adalah terjadinya demam dan radang. Kedua reaksi ini merupakan bentuk pertahanan tubuh terhadap virus berbahaya.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Jaring-Jaring Bangun Ruang dengan Permainan Bongkar-Pasang

Sedangkan beberapa buah yang mempunyai banyak vitamin C yang dapat dijadikan bahan tugas membuat minuman jus adalah jeruk, jambu biji, pepaya, buah kiwi, stroberi dan lainnya. Buah-buah tersebut sangat banyak mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan imun tubuh. Peserta didik dapat memilih salah satu buah tersebut untuk membuat tugas. Selain itu, dengan mengonsumsi buah-buahan secara rutin, membantu memperkuat daya ingat seseorang. Tidak hanya bagus untuk mencegah beberapa jenis penyakit berbahaya, mengonsumsi buah setiap hari dapat membantu kulit terlihat lebih bersinar karena kandungan vitamin E yang berfungsi memperlambat penuan. Dengan memahami manfaat dari buah-buah tersebut, diharapkan peserta didik senang dan terbiasa mengonsumsi buah-buahan sehingga peserta didik dapat tumbuh sehat dan terhindar dari Covid-19. (pg1/ida)

Baca juga:  Musik Dangdut Mampu Tingkatkan Minat Siswa dalam Senam Irama

Guru Prakarya SMPN 1 Petarukan, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya