alexametrics

Meningkatkan Kemampuan Menulis Procedure Text Berbantuan Guiding Template

Oleh : Nurfiah Sukaryati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan guru dalam upaya berlangsungnya kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yaitu peningkatan hasil belajar. Guru, sebagai tenaga pendidik dalam proses belajar mengajar akan selalu berupaya pada bagaimana menyampaikan materi pada peserta didik dengan baik, sehingga peserta didik akan paham dengan apa yang disampaikan guru.

Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat dilihat dari ketercapaian peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Keberhasilan ini dapat dilihat dari dua sisi yaitu tingkat pemahaman dan penguasaan materi yang diberikan oleh guru (Sudjana, 2006: 8).

Belajar bahasa Inggris menuntut peserta didik untuk aktif dan kreatif karena ada banyak keterampilan yang harus dikuasai. Ada empat keterampilan yang harus dikuasai dalam belajar bahasa Inggris yaitu reading (membaca), writing (menulis), speaking (berbicara) dan listening (mendengarkan). Untuk menguasai empat keterampilan ini, peserta didik juga harus memahami dan menguasai unsur kebahasaan yaitu structure (struktur) dan vocabularies (kosakata).

Salah satu materi yang diajarkan di kelas IX jenjang SMP adalah procedure text. Procedure text merupakan salah satu bentuk teks bahasa Inggris yang menjelaskan langkah-langkah melakukan sesuatu. Menurut Merriam Webster, procedure is a particular way of accomplishing something or acting (prosedureadalah cara tertentu untuk menyelesaikan sesuatu atau bertindak). Sedangkan menurut Collins Dictionary, a procedure is a way of doing something, especially the usual or correct way (prosedur adalah cara melakukan sesuatu terutama cara yang umum atau benar).

Baca juga:  Belajar Kelangkaan (Scarcity) dari Alam Sekitar

Procedure text penting untuk diajarkan kepada peserta didik karena banyak ditemukan dan dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik dapat menemukan jenis teks ini pada kemasan makanan, minuman, obat, benda-benda elektronik, resep makanan dan sebagainya.

Selain mampu membaca dan memahami procedure text, peserta didik juga diharapkan memiliki keterampilan menulis procedure text. Keterampilan menulis adalah sebuah kemampuan, kemahiran dan kepiawaian seseorang dalam menyampaikan gagasannya ke dalam sebuah wacana agar dapat diterima oleh pembaca yang heterogen baik secara intelektual maupun sosial. Dalam pembelajaran menulis procedure text, peserta didik dituntut untuk mengetahui stuktur teks, isi teks, ciri-ciri teks dan cara menulis procedure text.

Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik, khususnya peserta didik kelas IX SMPN 3 Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara masih beranggapan bahwa bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang sulit dan membingungkan.

Baca juga:  Daur Ulang Sampah jadi Kerajinan Bernilai Tinggi

Pada umumnya peserta didik mengalami kesulitan menulis teks tersebut secara koheren. Untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik, khususnya materi procedure text, penulis memanfaatkan guiding template sebagai pemantik kreativitas peserta didik dalam memahami dan menulis procedure text.

Dalam Thesaurus Dictionary, disebutkan a guide is a book that gives you information or instruction to help you do or understand something (a guide adalah sebuah buku yang memberimu informasi atau instruksi untuk membantumu melakukan atau memahami sesuatu).

Sedangkan template bisa diartikan sebagai pola atau tatanan dengan bentuk tertentu. Disimpulkan guiding template sebagai pola atau tatanan yang memberi informasi atau instruksi kepada peserta didik untuk membantu melakukan atau memahami sesuatu.

Baca juga:  Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Teks Procedure dengan Snow Ball Throwing

Langkah-langkah pembelajarannya, guru memberikan contoh procedure text dalam bentuk spoken form yang masih sederhana. Selanjutnya guru mengarahkan peserta didik untuk bisa menyalin teks tersebut ke dalam bentuk written form dengan bantuan guiding template yang sudah disesuaikan dengan isi teks tersebut mulai dari title/aim/goal, ingredients/materials dan steps/methods.

Peserta didik tinggal mengisi template tersebut menjadi satu procedure text yang runtut dan lengkap. Ternyata dengan stimulan seperti ini semangat peserta didik untuk belajar menulis procedure text lebih meningkat, dibuktikan dengan hasil belajar yang lebih baik. Pun ketika diberikan teks yang lebih kompleks, peserta didik dapat menuliskan kembali teks tersebut dengan benar dan runtut.
Dengan menggunakan metode guiding template untuk materi menulis procedure text, peserta didik menjadi lebih meningkat motivasi dan kemampuan menulisnya, sehingga prestasi belajarnya juga ikut naik. (btj2.2/lis)

Guru Bahasa Inggris SMPN 3 Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya