alexametrics

Mengenal Members of Family Mudah dan Menyenangkan dengan Lagu

Oleh : Sri Diana, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Penguasaan kosakata merupakan hal yang paling penting dan mendasar yang harus dikuasai peserta didik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Tanpa memiliki kosakata yang memadai peserta didik akan mengalami kesulitan dalam mencapai kompetensi dasar berbahasa Inggris.

Sebaliknya, semakin banyak kosakata yang dikuasai dan dipahami oleh peserta didik maka semakin mudah peserta didik untuk mempelajari dan memahami bahasa Inggris. Namun fakta yang sering dijumpai pada pembelajaran ini bahwa tidak sedikit peserta didik yang mengalami kendala dalam memahami dan menguasai kosakata seperti takut keliru, malu, bahkan malas dan tidak mau mencoba berbahasa Inggris.

Mengenal hubungan anggota keluarga (members of family) dalam bahasa Inggris merupakan hal baru bagi peserta didik SMP N 3 Blado kelas VII, materi yang terdapat pada chapter II (this is me) ini mempelajari istilah yang digunakan untuk menjelaskan nama-nama anggota keluarga, maka peserta didik dituntut agar mampu mengetahui arti kata atau menguasai kosakata yang terdapat pada materi tersebut.

Baca juga:  Perlunya Program Pendidikan Parenting di Sekolah

Penguasaan kosakata yang dimaksud yaitu membaca, menulis dan mengartikan kosakata. Untuk itu penulis menggunakan media lagu sebagai media pembelajaran dengan tujuan supaya peserta didik akan lebih mudah memperoleh atau memperkaya kosakata dan juga dalam memahami kata. Suasana pembelajaranpun bisa lebih hidup, menarik dan pastinya menyenangkan sehingga kompetensi pembelajaran dapat tercapai.
Hakikat lagu mempunyai arti sekumpulan kata-kata yang dinyanyikan dan diiringi dengan menggunakan alat musik tertentu. Lagu merupakan bagian yang penting dari pembelajaran bahasa Inggris karena lagu menjadikan para peserta didik lebih sensitif terhadap bunyi, dan mempelajari bahasa Inggris tidak lain adalah mempelajari berbagai jenis bunyi yang bermakna.

Lagu juga bisa menjadikan kelas lebih menarik dan semarak. Saat anak menyukai lagu yang diajarkan guru, mereka akan dengan senang hati dan antusias melakukannya. Saat itulah secara tidak langsung mereka tengah mempelajari sesuatu (Sophya, 2013:8). Kosakata atau vocabularies adalah perbendaharaan kata atau unsur bahasa yang memegang peranan penting karena buah pikiran seseorang hanya dapat dengan jelas dimengerti orang lain jika yang diungkapkan dengan menggunakan kosakata.

Baca juga:  Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Internet

Langkah pembelajaran yang dilakukan oleh penulis pertama menyampaikan tujuan pembelajaran, membentuk kelompok, dan menyampaikan uraian kegiatan. Masuk pada kegiatan inti peserta didik mengamati teks lagu yang diberikan guru dan menirukan pengucapan kata pada lagu, selanjutnya peserta didik menyebutkan kata-kata yang bercetak tebal lalu mengartikannya.

Menjodohkan kosakata yang terdapat pada lembar kerja siswa dengan makna yang tepat merupakan langkah berikutnya. Dilanjutkan guru memberikan teks beserta family tree atau pohon keluarga dan peserta didik melengkapi pohon keluarga tersebut berdasarkan teks. Setelah semua kegiatan dilaksanakan sebagai kegiatan terakhir yaitu mengkomunikasikan dimana pada kegiatan ini peserta didik bersama kelompoknya untuk memaparkan hasil diskusi mereka.

Baca juga:  Meningkatkan Kreativitas Guru melalui Penguatan Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Kerja

Guru memberikan bola kertas dan mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama jika nyanyiannya berhenti dan bola kertas jatuh pada kelompok tertentu maka kelompok tersebut harus menyebutkan nama-nama anggota keluarga dengan bernyanyi dan seterusnya.

Kegiatan mengenal members of family atau anggota keluarga melalui media lagu akan memotivasi peserta didik untuk lebih mudah memperbanyak kosakata, mengetahui makna kata, menumbuhkan minat mereka dalam menguasai kosakata. Peserta didik dibuat senang, tidak bosan dan tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga dapat mendorong mereka untuk belajar lebih giat atau joyful learning. (btj2.2/lis)

Guru Bahasa Inggris SMPN 3 Blado, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya