alexametrics

Belajar Matematika Lebih Mudah dengan Alat Peraga Block Dienes

Oleh: Titi Kuswati,S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran utama yang ada di sekolah dasar. Matematika merupakan ilmu dasar yang sangat penting, dan hampir semua mata pelajaran di sekolah dasar memerlukan perhitungan matematika di dalam pembelajarannya.

Matematika juga merupakan ilmu yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mata pelajaran matematika materi utama yang harus dikuasai oleh siswa adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang kurang menguasainya. Demikian juga di SD Negeri 03 Jrakah, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang.

Disamping metode pembelajaran, guru sebagai subjek pembelajar harus dapat memilih alat peraga yang tepat, sehingga dapat menjelaskan konsep kepada siswa. Usaha ini dapat dibantu dengan penggunaan alat peraga matematika. Dengan penggunaan alat peraga matematika yang sesuai dengan topik yang diajarkan, maka diharapkan konsep akan lebih mudah dipahami. Alat peraga mempunyai peranan yang penting, baik bagi guru maupun siswa, di antaranya dapat membantu siswa mempermudah memahami suatu konsep, membantu guru dalam proses belajar mengajar, memberi motivasi kepada siswa untuk belajar lebih giat, membantu siswa lebih aktif belajar, dan dapat memupuk kerja sama antara guru dan siswa.

Baca juga:  Mudah Pahami Luas Permukaan Bangun Ruang dengan Snowball Throwing

Menurut Wijaya dan Rusyan (1994) pengertian alat peraga pendidikan adalah suatu media pendidikan berperan sebagai perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar, sehingga siswa tidak menjadi bosan dalam meraih tujuan-tujuan belajar. Lebih lanjut Sudjana (2009) menjelaskan bahwa alat peraga pendidikan adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif dan efisien.
Salah satu alat peraga yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memahami konsep operasi hitung matematika, yaitu alat peraga block dienes. Selain membantu siswa mempelajari operasi hitung, block dienes juga dapat digunakan siswa untuk memahami pengertian tentang banyak benda, mengurutkan banyak benda, dan nilai tempat suatu bilangan (satuan, puluhan, ratusan).

Baca juga:  Whole a Mole, Game FPB-KPK Anti Boring

Dengan menggunakan alat peraga block dienes, siswa dapat mencari konsep hitung penjumlahan dan pengurangan dengan suasana belajar yang menyenangakan, dan melatih motorik siswa melalui aktivitas gerak fisik berupa memegang alat peraga yang berbentuk tiga dimensi, dan meletakkan balok satuan dan puluhan pada tabel nilai tempat dengan jumlah yang sesuai dengan yang diminta guru. Dan banyak aktivitas yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran diawali dengan pengenalan bentuk satuan dan puluhan dari alat peraga block dienes.

Alat peraga block dienes mempunyai kelebihan dan kekurangan. Ada beberapa kelebihan alat peraga block dienes, antara lain: pertama, melatih kemampuan motorik siswa karena bentuk tiga dimensi yang dapat digenggam dan dipindahkan.

Baca juga:  Upaya Intensifikasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah

Kedua, memudahkan siswa dalam mengenal nilai tempat karena memiliki unit-unit yang baku, unit satuan berbentuk kubus kecil dan unit puluhan dengan balok Panjang. Sehingga memudahkan juga dalam menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan.

Disamping memiliki kelebihan alat peraga block dienes juga memiliki kekurangan, di antaranya: pertama, karena aplikasinya dilakukan dengan menggunakan tabel nilai tempat yang penggunaannya diletakkan di atas meja, maka proses peragaannya tidak dapat menjangkau siswa secara keseluruhan, di mana hanya siswa yang tempat duduknya di depan saja yang dapat melihat peragaan secara jelas.

Kedua, karena bentuknya yang baku, maka alat peraga block dienes ini tidak dapat digunakan pada operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bentuk desimal. (pg1/aro)

Guru SD Negeri 03 Jrakah, Kec. Taman, Kab. Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya