alexametrics

Menonton Tayangan Film Memudahkan Siswa Menulis Cerpen

Oleh : Winarti S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MENULIS merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting diajarkan di sekolah sejak dini. Melalui kegiatan menulis, terutama dalam dunia pendidikan diharapkan siswa dapat menuangkan ide-ide atau gagasan-gagasan kreatif baik yang bersifat ilmiah maupun imajinatif.

Sebagian siswa beranggapan, menulis merupakan kegiatan yang membosankan. Oleh karena itu, guru dituntut kreatif dalam menerapkan metode pendekatan dalam meningkatkan minat dan keterampilan menulis siswa sehingga tidak merasa jenuh atau bosan. Salah satu kegiatan dari keterampilan menulis adalah menulis cerpen atau cerita pendek yang merupakan suatu bentuk prosa naratif fiktif.

Keterampilan menulis cerpen merupakan proses belajar yang memerlukan proses berlatih, secara berkelanjutan. Keterampilan menulis cerpen akan meningkat seiring dengan pembinaan yang tepat dan terencana. Akan tetapi, dalam menulis cerpen siswa masih kesulitan, dalam mengembangkan ide/gagasan yang berakibat tidak berhasilnya siswa dalam membuat cerpen. Kesulitan dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa patut mendapat perhatian yang cukup banyak dari guru sebagai tenaga pengajar. Dengan demikian, penerapan suatu teknik metode, dan media yang tepat sebagai solusi yang efektif mutlak diperlukan.

Baca juga:  Pembelajaran Song dengan BDR Tetap Asyik

Tak berlebihan kiranya bila dalam pembelajaran menulis cerpen bisa memanfaatkan teknologi yang sudah ada di sekitar kita. Contohnya televisi, internet (Youtube), dan bioskop. Dari media ini, dapat melihat berbagai macam tayangan film.

Film yang dikenal sebagai movie, gambar hidup, film teater atau foto bergerak, merupakan serangkaian gambar diam, yang ketika ditampilkan pada layar akan menciptakan ilusi gambar bergerak karena efek fenomena phi (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas). Sinema (sinematografi) sering digunakan untuk merujuk pada industri film, pembuatan film dan seni pembuatan film. Definisi sinema zaman sekarang merupakan seni dalam (simulasi) pengalaman untuk mengomunikasikan ide, cerita, tampilan, sudut pandang, rasa, keindahan atau suasana dengan cara direkam dan gambar bergerak yang diprogram bersamaan dengan penggerak sensorik lainnya (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas).

Baca juga:  LMS Scholoogy di Era Pembelajaran Jarak Jauh

Film bisa jadi bersifat fiksi atau kisah nyata ataupun campuran keduanya. Walaupun ratusan film dibuat setiap tahunnya tetapi hanya sedikit film yang menggunakan satu genre kebanyakan menggabungkan dua genre atau lebih. Adapun genre (jenis) film itu adalah aksi, petualangan, animasi, persahabatan, komedi, dokumenter, drama, tragedi, film noir, keluarga, horor, romantis, fiksi sains, thriller, western, suspense, fantasi, dan gore.

Guru dapat memperkenalkan genre-genre film itu melalui tayangan film yang mudah dikenal oleh siswa. Tayangan film yang sesuai dengan materi pembelajaran dan usia anaklah yang sebaiknya dipilih oleh guru. Tayangan film bergenre romantis misalnya, cocok untuk pembelajaran menulis cerpen yang bertema percintaan. Film drama, cocok untuk menginspirasi siswa bila akan menulis cerpen tentang hubungan antarmanusia yang harus mengambil keputusan besar dalam hidup tokohnya. Tentu saja film-film yang ditayangkan ini juga harus memperhatikan usia anak.

Baca juga:  Kreativitas Guru PAI Penentu Semangat Belajar Siswa

Dengan menonton film, siswa dapat berimajinasi; mengetahui isi, tema dan jalan cerita; mengetahui dan memahami tokoh dan karakternya; mengetahui latar, amanat, dan ending ceritanya. Semua itu adalah unsur-unsur intrinsik yang sangat berguna untuk membangun sebuah cerpen.

Jadi, menonton film dapat memberikan inspirasi kepada siswa. Siswa akan berimajinasi untuk menuangkan ide/gagasan ke dalam bentuk tulisan bebas yang berbentuk cerpen, dengan memperhatikan unsur-unsur pembangunnya (unsur intrinsiknya). (kb4/ida)

Guru Bahasa Indonesia SMPN 3 Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya